Wednesday, 19 December 2018

Hindari Ganjil-Genap Mobil Berplat RF Ganti Plat Nomor Merah

Senin, 16 April 2018 — 20:27 WIB
Keadaan lalu lintas sebelum pintu masuk Tol Jagorawi.(cw1)

Keadaan lalu lintas sebelum pintu masuk Tol Jagorawi.(cw1)

JAKARTA – Hari pertama penerapan ganjil genap di pintu tol Cibubur 2 mendapat berbagai protes dari pengemudi.

Kendaraan berplat nomor polisi RF, mobil yang biasa digunakan oleh pejabat dinas paling banyak yang melancarkan aksi protes ketika dihalau petugas.

Beberapa kendaraan berplat nomor RF mencoba memaksa masuk pintu tol Cibubur, namun oleh petugas lalulintas diberikan penjelasan dan dengan terpaksa ada yang berputar arah balik lalu mencari jalan alternatif.
Namun sebagian pengemudi mobil dinas ini tidak kehilangan akal mereka lalu mengganti plat nomor bantuan berwarna hitam miliknya dengan plat nomor berwarna merah dan lalu mencoba kembali masuk ke dalam gerbang tol dan lolos masuk ke arah tol.

Pada uji coba hari pertama penerapan ganjil genap di pintu tol Cibubur 2 yang dilakukan di pintu masuk gerbang tol membuat kepadatan lalu lintas ke Jalan akses Cibubur.

Banyak pengendara mengaku tidak mengetahui adanya penerapan ganjil genap di pintu masuk tol Cibubur 2, bahkan sejumlah penumpang yang menggunakan sopir pribadi mereka langsung turun dan naik taksi online guna mengejar keterlambatan masuk kerja.

“Saya terpaksa naik taksi online karena harus pengukur waktu masuk ke kantor,” tutur Yamin warga Cibubur.

Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Benyamin mengungkapkan masyarakat sudah mengetahui pelaksanaan uji coba hari Senin ini kendati diantaranya masih belum tau atau mencoba keberuntungan melewati gerbang tol Cibubur.

Menanggapi kendaraan berplat RF yang mengganti dengan plat bantuan dinas Benjamin mengatakan untuk kendaraan dinas memang diperbolehkan untuk masuk ke dalam gerbang tol namun dengan syarat memasang plat nomor dinas miliknya berwarna merah.

“Silakan pake plat merah kita bolehkan tapi saya harap mereka ikut aturan karena aturannya pakai nomor ganjil atau genap,” tutue Benyamin Senin (16/4/2018).

Benjamin memaparkan silakan masyarakat menggunakan gerbang tol lain selain Cibubur yang tidak ada larangan ganjil genap nya. (dwi/b)