Monday, 25 June 2018

Media Asing Muat Syarat Prabowo Gabung Jokowi

Senin, 16 April 2018 — 20:10 WIB
Prabowo Subianto

Prabowo Subianto

JAKARTA –Isi pertemuan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Jumat (6/4/2018), diungkap media asing,  Asia Times. Banyak hal yang diungkap media lokal terkait isi pertemuan dua tokoh itu, tetapi sangat berbeda dengan yang dimuat Asia Times.

Media asing itu memberitakan bahwa Prabowo meminta jatah 8 kursi menteri, termasuk Menteri Pertahanan, sebagai syarat bergabung dengan koalisi Joko Widodo di Pilpres 2019. Asia Times menulis artikel berjudul ‘Indonesia moving toward one-horse race’. Menurut artikel itu, Prabowo menyampaikan tawaran saat makan siang berdua, tetapi Luhut sebagai utusan Presiden Joko Widodo menolak.

Saat dikonfirmasi kepada  wakil ketua umum Gerindra Fadli Zon hal itu dibantah. Menurut dia bukan tipe Prabowo untuk meminta-minta. Dia juga yakin sampai kapanpun Prabowo tidak akan meminta-minta jatah menteri kepada Luhut. “Setahu saya nggak ada itu,” katanya..

Menurut Fadli, pertemuan itu hanya silaturahmi biasa dan tidak ada hal formal yang dibicarakan. Dia tidak menepis, pertemuan kedua tokoh itu salah satu materinya terkait Pilpres 2019. Tapi soal rinciannya seperti apa hanya mereka berdua yang tahu.

“Mungkin ada pembicaraan yang terkait dengan pilpres dan Pak Prabowo menyatakan maju kepada Pak Luhut. Jadi pembicaraan tentang itu (jatah menteri) tidak ada,” ujarnya.(us)