Sunday, 22 July 2018

Pemuda Curi Kotak Amal, Uangnya Buat Beli Motor

Senin, 16 April 2018 — 21:25 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA – Perlu uang untuk beli motor agar terlihat gagah di depan wanita idamannya, pria ini melakukan aksi nekat. Ia mencuri kotak amal dari sebuah masjid dan uangnya digunakan untuk membeli motor yang langsung dipakainya untuk bergaya.

Inilah yang dilakukan Firdaus Fikri, 20, yang melakukan pencurian kotak amal dari Masjid Nurul Fauzan Jala  Raya Centex Gg.Galur RT 006/10 Ciracas, Jakarta Timur. Uang didalam kotak amal sebanyak Rp1,6 dijarah pelaku yang uangnya digunakan untuk membeli motor.

Kapolsek Ciracas Kompol Agus Widar mengatakan, penangkapan pelaku berawal dari laporan warga. Dimana maling kotak amal terekam kamera CCTV masjid. “Berbekal rekaman itu, tim langsung bergerak dan mencari identitas pelaku,” katanya, Senin (16/4).

Beruntung, tak perlu waktu lama, kata Agus, pihaknya mendapatkan identitas pelaku pencurian itu. Penangkapan pun dilakukan petugas terhadap Firdaus yang terbukti kuat melakukan aksi pencurian kotak amal. “Senin (16/4) tadi, pelaku kami ringkus di rumah orangtuanya,” ujar Kapolsek.

Dari pengakuan pelaku, tambah Kompol Agus, uang pencurian kotak amal itu sebanyak Rp1,6 juta. Dimana begitu melintas masjid dan melihat kotak amal penuh uang ia langsung mencurinya. “Waktu beraksi, pelaku lompat pagar dan memecahkan kotak amal yang terbuat dari kaca,” ungkapnya.

Uang hasil mencuri kotak amal itu, sambung Agus, digunakan pelaku untuk membeli sepeda motor Suzuki Spin yang dibeli secara online. Sepeda motor itu dibeli pelaku seharga Rp 500 ribu. “Motornya hanya STNK saja, makanya belinya murah, sementara uang sisa pencurian sebanyak Rp1.148.000, kami sita,” ujar Agus.

Motor yang dibeli pelaku itu, kata Kapolsek, karena selama ini pria pengangguran ini sangat ingin memiliki kendaraan roda dua. Terlebih saat ini pelaku tengah mencoba mendekati wanita idamannya yang dinilai perlu modal untuk diajak jalan-jalan. “Tapi belum sempat jalan-jalan pakai sepeda motor dengan gebetannya, pelaku kami tangkap,” tutur Agus.

Saat ini, Firdaus mendekam di ruang tahanan Polsek Ciracas atas aksi pencuriannya. Pemuda pengangguran ini akan dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian. “Ancaman hukumannya penjara paling lama lima tahun penjara,” pungkas Kapolsek. (Ifand/win)