Monday, 23 July 2018

Bentrokan di Penjara, Tujuh Napi Tewas

Selasa, 17 April 2018 — 17:42 WIB
penjara Lee Correctional Institution (reuters)

penjara Lee Correctional Institution (reuters)

AMERIKA – Sebanyak 7 narapidana tewas dan 17 lainnya luka-luka dalam sebuah kerusuhan antar geng di sebuah penjara dengan keamanan maksimal di South Carolina, Amerika Serikat, Senin (16/4/2018) malam waktu setempat. Kejadian ini merupakan kerusuhan di penjara yang terparah selama 25 tahun terakhir.

Gubernur South Caroline, Henry McMaster menjelaskan bahwa bentrokan yang terjadi di penjara Lee Correctional Institution itu melibatkan orang-orang berbahaya yang merupakan anggota gangster.

“Kami tidak bisa mencegah mereka melakukan kekerasan hanya karena mereka sedang di penjara,” katanya kepada wartawan semalam.

Bryan Stirling, Kepala Departemen Lembaga Permasyarakatan South Carolina menjelaskan, gesekan antar napi terjadi sekitar pukul 19.00 waktu setempat selama 8 jam. “Mereka merebutkan daerah kekuasaan di penjara,” ujarnya.

Stirling mengaku kesulitan ketika saat kejadian 44 sipir penjaga tidak mampu membendung kerusuhan yang melibatkan 1600 napi tersebut.

Penjara Lee Correctional adalah penjara yang dibangun tahun 1993 khusus bagi narapidana yang tersangkut kasus kekerasan. Kerusuhan kerap terjadi di penjara tersebut, tercatat 3 tewas tahun 2017 dan 5 tewas tahun 2016.

(AFP/cw5)