Tuesday, 22 May 2018

Perampok Lintas Provinsi

Buronan Polres Ponorogo Ditangkap di Mesuji Lampung

Selasa, 17 April 2018 — 0:57 WIB
Kasubdit III Reskrimum Polda Lampung, AKBP. Ruli Andi Yunianto

Kasubdit III Reskrimum Polda Lampung, AKBP. Ruli Andi Yunianto

LAMPUNG – Buronan kasus pencurian dengan kekerasan (Curas), Suyito alias Suyit ,47, warga Kecamatan Way Serdang, Kabupaten Mesuji, Lampung, ditangkap anggota Subdit III Reserse Kriminal Umum Polda Lampung, di rumahnya, pada Senin (16/4/2018).

Kasubdit III Reskrimum Polda Lampung, AKBP. Ruli Andi Yunianto membenarkan, pihaknya hanya membackup petugas Polres Ponorogo untuk mengamankan tersangka.

“Tersangka Suyit merupakan DPO kasus tindak pidana pencurian dengan kekerasan (Curas) lintas Provinsi. Dia telah kita serahkan kepada petugas Polres Ponorogo, Jawa Timur,”kata Ruli Andi Yunianto.

Menurut Ruli Andi Yunianto, tersangka Suyito adalah satu dari empat spesialis dobrak rumah dan perkantoran, yang telah beraksi di Jawa Timur dan Riau.

“Tiga rekannya yakni, Witono alias Bejo ,35, warga Banyu Asin, Sumatera Selatan, Muhayadi ,44, dan Agus ,47, keduanya warga Tulangbawang, Lampung, telah lebih dulu diamankan petugas Polres Ponorogo,”ujarnya.

Mengenai modusnya, lanjut Ruli Andi Yunianto, saat beraksi komplotan Suyit dengan menggunakan mobil jenis Daihatsu Xenia F-1645 –CR, berkeliling mencari sasaran. Setelah itu mereka masuk dengan cara merusak pintu menggunakan linggis, gergaji besi atau gergaji kayu kemudian mendobrak pintu rumah atau kantor, lalu menjarah isinya.

“Mengenai aksi mereka di wilayah hukum Polda Lampung, kita masih melakukan koordinasi dan masih didalami,”ungkap Ruli Andi Yunianto.(koesma/b)