Sunday, 22 July 2018

Jembatan Babat Lamongan-Tuban Rubuh

Selasa, 17 April 2018 — 14:10 WIB
Truk terperosok ke Sungai Bengawan Solo saat Jembatan Babat rubuh.(Khozanah Hidayati| Anggota DPRD Jatim 2014 - 2019| Dapil IX - Tuban )

Truk terperosok ke Sungai Bengawan Solo saat Jembatan Babat rubuh.(Khozanah Hidayati| Anggota DPRD Jatim 2014 - 2019| Dapil IX - Tuban )

LAMONGAN – Jembatan Babat-Widang Ambruk yang menghubungkan Lamongan-Tuban Ambruk, Selasa (17/4/2018.

Dalam peristiwa tersebut dikabarkan dua truk dan satu motor terperosok masuk sungai Bengawan Solo dan diperkirakan ada lima korban, dua diantaranya tewas, dua selamat dan satu masih menjalani operasi.

Jembatan Babat-Widang merupakan jembatan  nasional yang berada di sisi kiri dari arah Lamongan menuju Tuban.    Jembatan ini putus karena tidak mampu menahan berat.

Tugiman, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) wilayah Tuban, Babat, dan Lamongan Balai Besar Jalan Nasional Kementerian Pekerjaan Umum, membenarkan adanya musibah tersebut.

Dia mengaku kaget karena saat ini sebenarnya sudah masuk kontrak untuk perbaikan jembatan. “Ternyata barusan ditelepon kepolisian bahwa jembatan sudah ambruk,” katanya.

Dia mengatakan, jembatan ini sudah jebol beberapa bulan lalu. “Sudah selesai ditambal. Ternyata saya kaget, kok, malah ambruk,” katanya.

Selama ini jembatan itu selalu dalam pemeliharaan berkala pihak badan. Dia menduga faktor usia jembatan yang mengakibatkan ambruk.

Hingga saat ini, dua truk pengangkut pasir yang terperosok belum dapat dievakuasi, karena masih menunggu alat berat.

“Alat berat diperkirakan tiba pukul 16.00,” ujar Tugiman.(Tri)