Sunday, 22 April 2018

KPU Kota Bekasi Sosialisasikan Pilkada Serentak Pemilih Berkebutuhan Khusus

Selasa, 17 April 2018 — 16:45 WIB
Komisioner KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni saat melakukan simulasi pencoblosan untuk penyandang disabilitas.(cw1)

Komisioner KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni saat melakukan simulasi pencoblosan untuk penyandang disabilitas.(cw1)

BEKASI – Pihak KPU Kota Bekasi menggelar sosialisasi dan tatap muka kepada pemilih berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas di RM Margajaya, Bekasi, pada Selasa (17/4/2018).

Sosialisasi tersebut merupakan kegiatan rutin dalam tahapan Pilkada serentak 2018, dan untuk hari ini segmennya khusus untuk penyandang disabilitas yang dihadiri lebih dari 70 orang.

Komisioner KPU Kota Bekasi Divisi SDM, Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat, Nurul Sumarheni mengatakan bahwa pada kegiatan kali ini KPU fokus pada teknis pencoblosan di hari H nanti.

“Karena kan ada peraturan baru seperti pemilih itu kan harus bawa formulir C6 dan KTP Elektronik. Kemudian dia harus terdaftar di DPT, kalau tidak terdaftar dia bisa mencoblos tapi satu jam terakhir. Pemilih di TPS juga harus mengisi daftar hadir sendiri di form C7. Tapi kalau mereka (penyandang disabilitas) yang tidak bisa mengisi sendiri boleh dibantu oleh petugas KPPSnya atau dengan pendamping,” Kata Nurul Sumarheni.

Nurul menambahkan bahwa untuk pendamping penyandang disabilitas diharuskan memiliki surat pernyataan yaitu form C3.

“Jadi surat itu menyatakan bahwa dia mendampingi si A atau si B dan dia tidak akan mempengaruhi pilihan dan menjaga dari orang yang dia dampingi itu,” tambahnya.

Komisioner KPU Kota Bekasi tersebut menuturkan bahwa penyandang disabilitas tidak harus didampingi. Tapi karena beberapa faktor seperti fasilitas sosial yang belum memadai maka dirasa penyandang disabilitas perlu ada pendampingan

“Ga harus. Ada juga beberapa tadi yang berkursi roda bisa sendiri. Kalau fasilitas umum sudah bagus sebenernya temen-temen disabilitas ini bisa bergerak sendiri. Masalahnya kan fasilitas publik itu ga semuanya bagus, belum semua trotoar belum bisa dilalui kursi roda,” tandasnya.

(cw1/sir)

Terbaru

Wakil Ketua MUI Zainut Tauhid Sa'adi.(ist)
Senin, 23/04/2018 — 1:03 WIB
Soal Perppu Perkawinan Anak, ini Permintaan MUI
Pemain Manchester City merayakan gol  yang dicetak Kevin de Bruyne ke gawang Swansea City. (reuters)
Senin, 23/04/2018 — 0:37 WIB
Manchester City Cukur Swansea 5-0
Ilustrasi
Senin, 23/04/2018 — 0:18 WIB
Jamaah Haji Bekasi Juga Diminta Sehat Jasmani