Wednesday, 25 April 2018

Mantan Kapolres Kebumen Diperiksa KPK

Selasa, 17 April 2018 — 18:43 WIB
Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Biro Humas) KPK, Febri Diansyah.(julian)

Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Biro Humas) KPK, Febri Diansyah.(julian)

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil mantan Kapolres Kebumen, AKBP Alpen dalam penyidikan perkara dugaan suap pengadaan barang dan jasa pada APBD Kabupaten Kebumen tahun anggaran 2016, Selasa (17/4/2018).

Alpen diminta datang untuk diperiksa sebagai saksi bagi tersangka anggota Komisi A DPRD Kebumen, Diah Lestari.

“Dia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka DL (Dian Lestari),” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Selasa (17/4/2018).

Namun, Febri belum menjelaskan hubungan Alpen dengan kasus dugaan suap tersebut. Diduga, perwira menengah itu mengetahui ihwal suap.

Alpen diketahui menjabat Kapolres Kebumen pada 2016 hingga 2017. Selepasnya, ia diangkat sebagai Kepala Subbagian Laporan Bagian Supervisi dan Pelaporan Biro Pengawasan Penyidikan Badan reserse Kriminal (Kasubaglap Bagvisilap Rowassidik Bareskrim) Polri.

KPK menetapkan Diah Lestari sebagai tersangka baru dalam kasus dugaan penerimaan suap izin proyek Disdikpora di Kebumen. Politikus PDI Perjuangan itu diduga telah menerima suap dari proyek tersebut.

Diah diduga secara bersama-sama dengan PNS Dinas Pariwisata Kabupaten Kebumen, Sigit Widodo; mantan Ketua Komisi A Kebumen, Yudhi Tri; dan Sekda Kebumen, Adi Pandoyo, menerima suap berkaitan dengan proyek Disdikpora. (julian/b)