Monday, 23 July 2018

Setelah Sukses Bisnis Kuliner Kini Setan Pun Dirikan Parpol

Selasa, 17 April 2018 — 6:57 WIB
partaisetan

BOLEH percaya boleh tidak, ternyata setan itu tak hanya doyan kembang dan kemenyan. Ada juga yang suka berbisnis. Dulu mereka bisnis hiburan lewat tong setan, kemudian berkembang ke kuliner, sehingga bikin usaha “rawon setan” dan “es pocong”. Belakangan, setidaknya ini kata Amien Rais, setan juga ikutan bikin parpol.

Dalam sebuah diskusi di CNN-TV, budayawan Arswendo Atmowiloto ikut menanggapi pendapat Amien Rais soal dikotomi partai Allah dan partai setan. Kata Arswendo, setan itu sudah lama punya usaha hiburan akrobat motor yang biasa disebut “tong setan”. Ketika dunia wisata kuliner makin berkembang, mereka pun mulai bisnis “rawon setan” dari Surabaya, Jakarta sampai Depok. Belakangan ini, mantan Ketua MPR Amien Rais malah menengarai ada setan bikin parpol.

Akrobat maut yang namanya “tong setan” memang sudah ada sejak jaman Belanda dulu. Seseorang dengan lincahnya naik sepeda motor dalam posisi miring, melingkar-lingkar pada sebuah tembok yang membulat. Penonton pun dibuat terkagum-kagum karenanya.

Jaman terus berubah. Seiring dengan semakin majunya wisata kuliner berkat promosi Bondan Winarno, kalangan setan pun mencoba bisnis makanan. Dimulai dari Surabaya, kuliner “rawon setan” menggurita ke Jakarta dan Depok. Biar pedasnya seperti setan, banyak juga penggemarnya. Untuk meredakan rasa pedas itu, bisa dinetralisir dengan minum “es pocong”.

Belakangan ini, setidaknya menurut pendapat bapak reformasi Amien Rais, sekarang ini ada partai Allah dan partai setan. Kata mantan Ketua MPR ini, partai Allah itu adalah Gerindra, PKS dan PAN. Tapi soal partai setan, dia menolak menyebutkan. Sebab menurutnya partai setan itu dalam konteks pemikiran, bukan parpol kasat mata.

Jika benar ada parpol setan, tentunya Ketum, Sekjen, DPP, DPD dan DPC-nya tak bisa dilihat dengan mata telanjang. Dalam cerita perwayangan disebutkan, yang bisa melihat setan dan demit itu hanya mahluk yang memiliki minyak “Jayeng Katon” sebagaimana Raden Harjuna.

Amien Rais kok bisa mengetahui parpol setan, apakah beliaunya menyimpan minyak “Jayeng Katon” tersebut? Nggak tahulah! Yang jelas, selama ini masyarakat hanya tahu ada minyak angin PPO, yang bila dioleskan pada sebatang rokok tengah menyala, bau harum menyeruak ke mana-mana. –gunarso ts