Wednesday, 25 April 2018

Usia Ratusan Pohon Uzur, Ditanam pada Zaman Belanda

Selasa, 17 April 2018 — 7:56 WIB
Sejumlah pohon di Kota Sukabumi berusia uzur, sehingga berpotensi tumbang ketika dilanda hujan dan angin.

Sejumlah pohon di Kota Sukabumi berusia uzur, sehingga berpotensi tumbang ketika dilanda hujan dan angin.

SUKABUMI – Usia ratusan pohon di Kota Sukabumi, Jawa Barat banyak yang sudah uzur. Bahkan, ratusan pohon itu ada yang ditanam pada zaman penjajahan Belanda. Kondisi itu sangat rentan tumbang apabila terjadi hujan lebat dan angin kencang.

Dari hasil pendataan Bidang Penataan Taman dan Kerusakan Lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH), jumlah total di Kota Sukabumi sebanyak 3.628 pohon. Dari total itu, 217 pohon masuk kategori uzur. Klasifikasinya sebanyak 160 pohon mahoni, 27 pohon palem, 26 pohon trembesi dan 4 pohon beringin.

“217 pohon itu sudah ada sejak zaman Belanda. Kalau berada di hutan sebenarnya masih kuat, namun apabila di daerah perkotaan, kekuatan dan perkembangannya akan mengalami kesulitan, terutama akarnya. Apabila terjadi hujan lebat dan angin kencang, pohon-pohon tersebut sangat rentan tumbang,” jelas Kabid Penataan Taman dan Kerusakan Lingkungan DLH, Sony Hermanto.

Maka itu, Sony mengingatkan warga agar senantiasa waspada bila tiba hujan terlebih disertai angin. Menurutnya, pohon-pohon itu berpotensi tumbang dan sebagainya. Kondisi ini seperti terjadi pada awal April lalu, sebanyak 27 pohon di sejumlah titik ruas jalan tumbang.

“Memang banyak pohon tumbang saat terjadi hujan lebat dan angin kencang pada awal April lalu bukan hanya diakibatkan oleh kondisi pohon, akan tetapi juga dipengaruhi oleh faktor lainnya, yakni cuaca ekstrem. Sebab dari sebanyak pohon yang tumbang tersebut, ada beberapa pohon yang kondisinya dan usianya relatif masih baik,” bebernya.

Disebutkannya, banyaknya pohon tumbang tersebut, selain dipengaruhi oleh beberapa faktor juga dipengaruhi oleh sistem penanaman terhadap beberapa pohon yang menggunakan sistem atau dengan cara blumbak. Cara menanam pohon dengan menggunakan sistem itu apabila sudah tumbuh dan berkembang kondisinya tidak akan kuat.

Sehingga apabila terjadi hujan lebat dan angin kencang banyak pohon yang tumbang. Dijelaskannya pula banyak pohon yang tidak layak ditanam di daerah perkotaan, seperti pohon trembesi, mahoni dan palem raja.

“Dalam menjaga dan memelihara pohon-pohon itu, terutama pohon-pojon besar dan usianya uzur, di antaranya dengan secara rutin melakukan pemangkasan dan penebangan apabila dianggap membahayakan,” tegasnya.

(sule/sir)