Friday, 21 September 2018

Melahirkan di Becak, Bayi dan Ibunya Selamat

Rabu, 18 April 2018 — 17:14 WIB
Ny. Artapiah yang ditolong bidan saat persalinan di atas becak yang ditumpanginya. (ist/chotim)

Ny. Artapiah yang ditolong bidan saat persalinan di atas becak yang ditumpanginya. (ist/chotim)

BEKASI – Aparat dan pengunjung di Kantor Kelurahan Kalibaru, Medansatria, Bekasi, Jawa Barat mendadak gempar. Pasalnya, seorang ibu melahirkan mendadak di atas becak yang ditumpanginya persis di depan kantor kelurahan itu, Rabu (18/4/2018).

Seorang ibu, Artapiah, tak kuat menahan mules dan akhirnya melahirkan di atas becak yang ditumpanginya sekitar pukul 10.00. Beruntung, lokasi kelurahan bersebelahan dengan Puskesmas Kalibaru sehingga petugas kesehatan bisa menangani.

Ceritanya, ibu berusia 39 tahun ini berniat memeriksakan kandungan di Puskesmas Kalibaru yang lokasinya bersebelahan dengan kantor kelurahan. Dengan naik becak, warga Jalan Radian Kalibaru ini berniat ke puskesmas yang tak begitu jauh lokasinya.

Namun, rasa mules sejak dari rumah ternyata menjadi pertanda kelahiran. Belum sampai ke puskesmas, tepatnya di depan Kantor Kelurahan Kalibaru, ibu ini mengeluh tidak tahan mau melahirkan.

“Saya langsung menghubungi puskesmas, dan kebetulan ada bidan yang langsung menangani,” kata Suhartono, Lurah Kalibaru.

Bidan Iis dan Bidan Dhoripah yang kebetulan bertugas segera datang dan membantu persalinan. “Mau dibawa ke Puskesmas sudah tidak kuat, sehingga pertolongan persalinan dilakukan di atas becak,” kata Suhartono.

Akhirnya, disaksikan warga dan hanya dihalangi kain, istri seorang karyawan ini lalu melahirkan. Bayi perempuan dengan berat 2,4 kg dan panjang 42 cm pun lahir dengan selamat.
“Alhamdulliah, akhirnya persalinan berjalan lancar. Dan pasien dan bayinya langsung dibawa ke klinik Bhakti Insani yang lokasinya lebih dekat untuk perwatan lebih lanjut.

“Ini kejadian yang membuat kaget. Tetapi kemudian lega karena petugas dan bidan bisa menolong persalinan dengan baik,” katanya. (chotim)