Friday, 21 September 2018

Bila Cawapres Jokowi Tak Sesuai Harapan Partai Pendukung, Begini Kondisi Koalisi

Kamis, 19 April 2018 — 22:10 WIB
Siti Zuhro, pengamat dari LIPI.

Siti Zuhro, pengamat dari LIPI.

JAKARTA – Melihat adanya persaingan di ranah partai koalisi untuk memperebutkan posisi wakil presiden, pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengatahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro, memprediksi bahwa hal itu tak akan berpengaruh kepada kesolidan koalisi  pendukung Jokowi. Walaupun ceritanya  nanti figur  yang dipilih tak sesuai dengan harapan partai koalisi.

“Saya melihatnya mereka udah settled, PPP sudah, Hanura sudah, Nasdem juga, jadi menurut saya sejak awal mereka tulus,” paparnya di Gedung Nusantara III DPR, Senayan Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Tak hanya itu, Siti Zuhro pun menilai bahwa partai koalisi seperti  PPP dan Golkar akan tetep bersama Jokowi meski Ketua Umumnya tak dipilih oleh Jokowi untuk mendampinginya di Pilpres 2019 mendatang.

“Saya rasa relatif oke, karena sejak awal dibicarakan, ya walaupun mereka berharap menurut saya apapun pilihan Jokowi akan tetap dihormati,” ujarnya.

Lebih lanjut, Siti Zuhro berpesan agar Jokowi cakap nan bijak dalam memilih pendampingnya agar tak memecah kesolidan koalisi yang selama ini bersamanya.

“Sekarang ini banyak sekali, bahkan ada partai-yang luar biasa beraninya untuk mengusung kadernya jadi cawapresnya, tentu harus ada pertimbangan dan perhitungan politik sendiri yang harus dilakukan Pak Jokowi untuk supaya koalisi tetap solid,”pungkasnya. (cw4/win)