Sunday, 23 September 2018

Buka IIMS, Jokowi Sebut Ekspor Komponen Otomotif Naik Tajam 13 Kali Lipat

Kamis, 19 April 2018 — 17:34 WIB
Presiden Jokowi saat membuka acara Indonesia International Motor Show  (IIMS),  di Jakarta, Kamis (19/4).(ist)

Presiden Jokowi saat membuka acara Indonesia International Motor Show (IIMS), di Jakarta, Kamis (19/4).(ist)

JAKARTA  – Presiden Jokowi mengakui  industri otomotif Indonesia berkembang sangat cepat. Ia mengaku senang karena ekspor produk otomotif Indonesia meningkat terutama memang ke negara-negara tetangga.

“Selain itu,  produk otomotif ekspor untuk komponen otomotif yang terurai  juga meningkat sangat tajam sekali, 13 kali (lipat) kenaikkan,”  kata Jokowi Indonesia International Motor Show (IIMS),  di Jakarta, Kamis (19/4).

Menurut Kepala Negara, ekspor komponen terurai tersebut meningkat sebanyak 13 kali lipat dibanding dengan angka ekspor yang berhasil dibukukan tahun lalu. Hal ini juga diharapkan akan berbanding lurus dengan peningkatan lapangan kerja di sektor otomotif.

“Ini juga akan membuka lapangan pekerjaan yang besar sekali terutama bagi industri industri menengah dan kecil yang memproduksi komponen-komponen baik komponen-komponen utama maupun pembantu,” tuturnya.

Saat ini, kata Jokowi,  ekspor komponen yang dilakukan memang masih terbatas ke negara-negara terdekat. Namun, dia meyakini bahwa dengan harga yang kompetitif, bukan tidak mungkin ekspor berikutnya dapat menembus keluar ASEAN.

Selain itu, Jokowi juga mengapresiasi perkembangan rancang bangun otomotif nasional, terutama dari sisi interior, yang disebutnya berkembang dengan sangat baik. Ia pun mendorong agar para pelaku industri untuk lebih berani membuat kreasinya sendiri maupun memodifikasi desain yang ada seperti halnya motor-motor modifikasi yang dipamerkan di sana.

Pemerintah sendiri akan terus memberikan dukungan dan dorongan agar industri otomotif Tanah Air dapat berkembang lebih pesat. Sejumlah upaya penyederhanaan regulasi dan sejumlah insentif serta penyiapan infrastruktur akan terus diusahakan. (Johara/win)