Sunday, 23 September 2018

Ganjil Genap Juga Bakal Diterapkan di Pondok Indah, Benyamin Sueb dan Jalan DI Panjaitan

Sabtu, 21 April 2018 — 15:03 WIB
dokumentasi/toga.

dokumentasi/toga.

JAKARTA – Untuk mendukung pagelaran Asean Games yang akan di laksanakan Agustus 2018 mendatang, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama Badan Pengelola Trasportasi Jakarta (BPTJ) berencana memperluas wilayah penerapan sistem ganjil genap (gage).

Selain itu, untuk waktu penerapan ganjil genap juga akan dimajukan dari semula pukul 07.00-10.00 WIB menjadi 06.00-10.00 WIB. Hal itu merujuk dari penerapan sistem ganjil genap yang sudah terealisasikan di ruas Tol Bekasi, Tangerang dan Cibubur.

Kasubdit Bin Gakkum Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto mengatakan dalam rapat yang digelar beberapa waktu lalu melibatkan Dinas Perhubungan (Dishub), BPTJ, dan kepolisian dari Ditlantas Polda Metro Jaya membahas wacana sistem ganjil genap tidak hanya diterapkan di Jalan Sudirman-MH Thamrin melainkan juga diperluas di Jalan S Parman, Jalan Gatot Subroto, Jalan MT Haryono, Jalan DI Panjaitan, Jalan Rasuna Said, Jalan Arteri Pondok Indah dan Jalan Benyamin Sueb.

Kendati demikian, Budiyanto belum bisa memastikan kapan wacana tersebut akan direalisasikan. Pasalnya, kepolisian hanya bertugas mendukung dengan melakukan penegakan hukum jika aturan tersebut diterapkan.

“Mungkin bisa konfirmasi ke Dishub kapan (pelaksanannya). Program itu dari Dishub, kita mem-backup saja,” ujar Budiyanto dalam keterangannya, Sabtu (21/4/2018).

Budiyanto hanya menyarankan agar wacana tersebut lebih dulu dilakukan evaluasi dan pengkajian dari berbagai aspek sebelum direalisasikan. Termasuk memastikan adanya payung hukum.

“Kemudian siapkan payung hukum. Lalu pelaksanaan dilakukan secara bertahap. Dari tahap sosialisasi, ujicoba, kemudian sampai tahap ‎implementasi,” tutur dia. (Yendhi/b)