Saturday, 20 October 2018

Pelanggan 300 Orang/hari

Omset Kedai Kopi Racik Harum Manis Ratusan Juta Rupiah Sebulan

Sabtu, 21 April 2018 — 14:52 WIB
Kedai Kopi Racik Harum Manis paling laris di Ciledug.(Cw6)

Kedai Kopi Racik Harum Manis paling laris di Ciledug.(Cw6)

TANGERANG –  Setiap jenis kopi memiliki cita rasa tersendiri. Indonesia sendiri memiliki bermacam-macam kopi yang rasanyanya luar biasa nikmat. Tak heran, banyak orang yang menjadikan kopi menjadi ladang usaha.

Berbicara tentang kopi, di Jalan Raden Saleh No 4, Ciledug, Kota Tangerang, terdapat kedai kopi yang selalu banjir pelanggan, namanya Kedai Kopi Racik Harum Manis. Ya, dapat dibilang kedai kopi ini paling ramai di kawasan Ciledug, Kota Tangerang.

Kedai kopi ini buka pada pukul 06.00-04.00 WIB dini hari. Setiap harinya, kedai kopi ini selalu didatangi pelanggan sekira 200-300 orang.

Kedai Kopi Racik Harum Manis memiliki konsep jadul yang mencakup semua kalangan. Selain makanan dan minuman, kedai kopi ini menyediakan beberapa pilihan biji kopi nusantara, seperti Arabika dan Robusta.

“Sebulan kedai kopi ini bisa beromzet sekitar Rp200 jutaan,” ucap Aji, salah satu karyawan senior di Kedai Kopi Racik Harum Manis kepada Poskotanews.com, Sabtu (21/4/2018).

racik

Kedai kopi ini berdiri sejak tahun 2007. Pemilik kedai kopi ini ialah Angky Dwi Andika. Angky sendiri memiliki sejumlah kebun kopi di luar kota, salah satunya di Makasar.

Kedai Kopi Racik Harum Manis memiliki bermacam jenis-jenis kopi, diantaranya Robusta, Arabika, Toraja Makale, Java Preanger, dan Mandailing. Selain disajikan langsung di lokasi, pelanggan juga bisa dapat membungkus kopi tersebut.

“Es kopi racik susu yang paling banyak dibeli di sini,” kata Aji.

Pelanggan bisa membeli kopi tersebut secara online. Kedai kopi ini memiliki media sosial dan website sendiri. Dalam sehari, sekitar 500 bungkus kopi bisa laku terjual.

“Malah sekarang aja kita lagi ada pesanan sebanyak 8 ribu bungkus kopi,” paparnya.

Kedai kopi ini mematok harga sangat miring, sehingga tak akan menguras kantong pelanggan. Contohnya Robusta 200 gram saja hanya dihargai Rp15 ribu. Hal itu pun membuat banyak coffe shop, kafe dan hotel membeli kopi di sini.

“Yang paling mahal itu kopi Gayo Wine. Harganya Rp120 ribu untuk 250 gram. Untuk harga paling murah kopi minum di sini ialah Rp4 ribu dan paling mahal Rp10 ribu, ujar Aji. (Cw6/tri)