Thursday, 18 October 2018

Desa di India Larang Perempuan Kenakan Jeans dan Gunakan HP

Senin, 23 April 2018 — 9:06 WIB
Desa Isaipur Khedi, Haryna, India larang perempuan kenakan jeans. (reuters)

Desa Isaipur Khedi, Haryna, India larang perempuan kenakan jeans. (reuters)

INDIA – Demi mencegah meningkatnya kasus kawin lari, sebuah desa di India melarang anak perempuan mengenakan celana jeans dan menggunakan telepon genggam.

Menurut kepala desa Isaipur Khedi, Haryna, desanya menjadi lebih baik setelah hampir satu tahun memberlakukan aturan tersebut.

“Anak perempuan tidak diizinkan mengenakan jeans dan tetelpon genggam di desa kami. Saya tidak menyatakan bahwa itu sia-sia, hanya tidak tepat untuk mereka,” kata Singh.

Keputusan ketua adat setempat ini sebenarnya mendapat tantangan dari anak perempuan di desa tersebut. Menurut mereka, tindakan diskriminatif tersebut sudah memasung hak-hak mereka, dan aneh.

“Ini jelas salah, masalahnya adalah mental pria, bukan pakaian yang kami kenakan. Bagaimana mereka menghakimi karakter seorang perempuan dari pakaian yang mereka kenakan,” kata salah seorang warga seperti dilansir Times of India.

‘Khap panchayat’ atau pengadilan desa di Haryana memang sering mengeluarkan keputusan berkaiotan dengan perempuan. Namun, rata-rata keputusan yang dibuat tidak berpihak pada perempuan.

Mahkamah Agung India pada 2013, menyatakan keputusan semacam itu yang dikeluarkan ‘khap panchayat’ adalah melanggar hukum. (embun)