Saturday, 17 November 2018

Direct Flight Mumbai-Denpasar Perkuat Akses Pariwisata Indonesia Kotak Masuk x

Senin, 23 April 2018 — 18:21 WIB
Maskapai Garuda Indonesia. (dok. Kemenpar)

Maskapai Garuda Indonesia. (dok. Kemenpar)

MUMBAI – Sejarah Baru ditorehkan maskapai Garuda Indonesia. Sebab, Senin (23/4), maskapai nasional ini resmi membuka rute penerbangan langsung Mumbai – Denpasar. Inaugural Flight tersebut diikuti Menteri Pariwisata Arief Yahya. Beliau didampingi Staf Khusus Menteri Bidang Infrastruktur Pariwisata Judi Rifajantoro, Staf Khusus Menteri bidang Teknologi Informasi Samsriyono Nugroho, serta Staf Khusus Menteri Bidang Komunikasi Don Kardono.

“Terimakasih Garuda Indonesia yang telah membuka penerbangan langsung Mumbai-Denpasar. Ini merupkan direct flight pertama India ke Indonesia yang sudah ditunggu selama 3 tahun,” kata Menpar Arief Yahya dalam sambutannya di Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji, Mumbai India.

Menteri asal Banyuwangi itu mengatakan, langkah Garuda Indonesia ini sangat tepat. Potensi bisnis pasar India sangat menjanjikan. Secara nasional, wisatawan Negeri Bollywood ini tumbuh fantastis 28,8 persen. Sepanjang 2017, jumlahnya mencapai 485.314 wisatawan. Angka itu naik 108.512 wisatawan dari 2016. Dari jumlah itu, sebanyak 265.336 wisatawan atau 54,7 persen memilih Pulau Bali sebagai destinasi favoritnya.

Angka tersebut menempatkan India di posisi kedua angka pertumbuhan tertinggi wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia. Kunjungan wisatawan asal India sebesar 30 persen, atau di bawah wisman asal China sebesar 40 persen. Secara size/volume, wisman asal India diperkirakan segera akan menyalip jumlah wisman asal Jepang dan Korea.

“Oleh karena itu India saat ini menjadi fokus pasar utama wisman selain China dan Eropa. Selain itu, kemampuan spending wisatawan India pun menjanjikan. Mereka rata-rata mengeluarkan bujet hingga USD904. Hanya terpaut USD115 dari wisatawan Tiongkok,” ujarnya.

Meningkatkan Trafik

Menpar menjelaskan, rute ini dipastikan akan meningkatkan trafik kunjungan wisatawan India ke Indonesia. Apa lagi selama ini masih dilayani dengan rute transit. Menpar pun berharap rute ini menjadi trigger dibukanya rute-rute dari kota lainnya di India ke destinasi lainnya di Indonesia.

“Selama ini belum ada rute penerbangan langsung dari India ke Indonesia. Saya harap rute baru ini akan dilanjutkan dengan rute-rute dari kota lainnya di India, seperti Delhi, Kalkuta, Bangalore, Chenai ke destinasi lainnya di Indonesia, seperti Jakarta dan Medan,” pungkas Menpar.

Rute penerbangan Mumbai – Denpasar nantinya akan dilayani 2 kali seminggu pada tahap pertama. Flight tahap pertama dilakukan Senin (23/4) sampai Senin (28/5). Selama periode ini, flight dilaksanakan Senin dan Kamis. Lalu, Garuda menambah 1 flight pada rentang Senin (28/5) hingga Sabtu (27/10). Pada priode kedua ini flight dilayani 3 kali seminggu. Jadwalnya pada hari Senin, Kamis dan Sabtu.
Setiap harinya penerbangan dari Bali dilakukan pukul 15.40 WITA. Lalu, penerbangan dari Mumbai pukul 21.50 waktu setempat. Untuk memberi pelayanan prima, Garuda akan mengoperasikan armada modern Airbus A330-200. Wisatawan bisa memilih dua kelas, yaitu bisnis dan ekonomi. Untuk kelas bisnis tersedia 36 flat bed seats, lalu ekonomi tersedia 186 kursi dengan lay out 2-4-2.(prihandoko)