Friday, 21 September 2018

Pariwisata Sukabumi Dieksplor dalam SCF 2018

Senin, 23 April 2018 — 18:21 WIB
Salah satu Pariwisata Sukabumi. (dok. Kemenpar)

Salah satu Pariwisata Sukabumi. (dok. Kemenpar)

SUKABUMI – Potensi pariwisata Sukabum, Jawa Barat terus diangkat ke permukaan. Beragam atraksi dieksplorasi untuk diperkenalkan. Salah satunya, dieksplore. Melalui Sukabumi City Fest (SCF) V 2018.

SCF 2018 berisi aneka macam kegiatan. Mulai dari Fashion Carnaval, Fun Color Run, Gelar Budaya, hingga Pameran Industri Kreatif dan Pariwisata dihelat. Tepatnya pada Minggu (22/4), di Depan Balai Kota Sukabumi.

Menurut Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata I Gde Pitana, Sukabumi City Fest V 2018 merupakan rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-100 Kota Sukabumi. Mengusung tagline Share Celebrate Fun, ide dan konsepnya sangat menarik.

“Sukabumi City Fest ini diharapkan menjadi ajang komunikasi dan silaturahmi antara pentahelix ABCGM, Academician-Business-Community-Government-Media dan umumnya masyarakat Jawa Barat,” ujar I Gde Pitana didampingi Asisten Deputi Pemasaran 1 Regional II Kemenpar Sumarni, Minggu (22/4).

Menurut Pitana, festival ini memiliki visi untuk menjadikan even di Kota Sukabumi bertaraf nasional. Selain itu, even ini diharapkan bisa diminati wisatawan yang datang ke Sukabumi. Serta memberi penyegaran kepada masyarakat pariwisata.

“Warga di tempat pariwisata diajarkan bagaimana menjadi tuan rumah yang baik. Siapa yang tidak kenal Sukabumi, khususnya Palabuhanratu. Bagaimana orang datang ke sini tidak hanya numpang lewat saja. Kita harus menjadi tuan rumah yang baik,” katanya.

Sukabumi, lanjut Pitana, sangat diuntungkan karena dekat dengan Jakarta. Sehingga akses pun semakin mudah. Apalagi amenitas Sukabumi semakin meningkat. “Ini sebetulnya merupakan sebuah keunggulan. Aksesnya mudah, via tol Jagorawi dari Jakarta. Sekarang tinggal komitmen dari daerahnya untuk terus mengembangkan pariwisata,” kata Pitana.

Momentum Bagus

Kepala Bidang Pemasaran Area I Jawa Wawan Gunawan juga seirama. Menurutnya, even ini adalah momentum bagus untuk membangkitkan semangat masyarakat Sukabumi. Sehingga masyarakat sadar jika Sukabumi mempunya potensi pariwisata yang berkelas.

“Sukabumi itu satu kesatuan utuh gambaran kecantikan alam yang dibalut kekuatan budaya. Sangat potensial untuk dikembangkan. Makanya kami akan terus mendukung event-event di Sukabumi. Sehingga nama pariwisata Sukabumi akan semakin diperhitungkan,” kata Wawan Gunawan yang juga dalang Wayang Ajen tersebut.

SCF V sendiri akan dihelat dengan berbagai atraksi mulai Fashion on the Street (Carnaval Fashion), Musik Etnic dan Gelar Budaya, Fun Run SCF Color Full, Selfie & Video Contest, serta Pameran dan Bazaar. Partisipan SCF V 2018 melibatkan Kementerian Parawisata Republik Indonesia, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Parawisata Kota Sukabumi, SKPD di lingkungan Pemkot Sukabumi, Panitia HUT Kota Sukabumi, Komunitas/pelaku Kreatif dan wisata Sukabumi dan Sponsorship.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun mengapresiasi gelaran tersebut. Menurutnya atraksi merupakan cara efektif untuk mempromosikan destinasi pariwisata. Contoh konkritnya Banyuwangi. Dijelaskannya, Banyuwangi telah bertransformasi menjadi destinasi unggulan berkat atraksinya. Disamping itu pemimpin daerahnya juga mempunyai komitmen yang kuat untuk memajukan pariwisata.

“Konsepnya selalu sama 3A. Aksesnya baik, amenitasnya baik lalu didukung dengan atraksi yang berstandar global untuk mengundang wisatawan datang. Itu semua harus didukung oleh komitmen kuat pemimpin daerahnya. Sehingga potensi pariwisata Sukabumi yang begitu luar biasa akan makin nge-hits lagi,” kata Menpar Arief Yahya. (prihandoko)