Tuesday, 14 August 2018

IIMS di Kemayoran Tidak Pengaruhi Penjualan Mobil Seken

Kamis, 26 April 2018 — 1:33 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA– Pameran International Indonesia Motor Show (IIMS) 2018 yang tengah digelar di gedung PT Jiexpo Kemayoran, ternyata tak mengendurkan aktivitas jual-beli mobil seken. Hal itu terbukti pada kegiatan di Bursa Mobil Seken WTC Mangga Dua, transaksinya masih laris-manis dan ramai, terutama terhadap kebutuhan roda empat berusia muda.

“Penjualan di tempat kami masih lancar saja, tidak ada pengaruh terhadap gelaran IIMS yang mana masing-masing merek memamerkan produk terbarunya,” ujar Andreas, pedagang mobil seken di WTC Mangga Dua Jl Raya Gunung Sahari, Jakarta, kemarin. Menurutnya justru makin banyak konsumen mencari mobil muda keluaran tahun 2016 atau 2017. “Mobil musa di sini, rata-rata penampilannya nyaris sama dengan mobil anyar yang baru keluar dari pabrik. Tapi harganya jauh lebih murah,” paparnya. Ia mencontohkan Toyota Avanza baru, kini harganya sekitar Rp 225 juta, tapi harga seken tahun 2017 lebih hemat sekitar Rp 50 juta.
STABIL

Fredy, pedagang lainnya juga mengaku kondisi pasar tetap stabil lancar. “Tak ada pengaruh negatif dengan adanya IIMS. Bahkan kecenderungannya, masyarakat yang ingin beli mobil baru di pameran tersebut, terlebih dulu menjual mobil lamanya. Kami para pedagang di sini juga siap melayani pembelian mobil dari masyarakat. Diutamakan mobil pribadi, pelat B DKI Jakarta dan kondisinya terawat bersih dan rapi,” ujar Fredy sambil menambahkan dari dulu pihaknya mengutamakan penjualan mobil seken berkualitas tinggi. “Mobil bekas kecelakaan parah, kami tidak mau membelinya,” jelasnya.

Senior marketing manager WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih mengatakan kehadiran mobil tipe terbaru tidak akan menyurutkan penjualan mobil bekas, sebab masing -masing punya pangsa pasar tersendiri. “Bahkan para pedagang di sini sudah siap-siap menampung mobil baru yang akan dijualnya setelah beberapa bulan pemakaian,” ujar Herjanto. Biasanya varian terbaru yabg baru beberapa bulan dilaunching, pasaran sekennya sudah bisa ditemukan d WTC. Contohnya saat ini, sudah ada beberapa show room yang memajang Mitsubishi Xpander dan All New Toyota Rush. (joko/ds)