Thursday, 22 November 2018

Kena OTT Sampah, Wisman di Pulau Tidung Merengek Tidak Dihukum

Jumat, 27 April 2018 — 21:11 WIB
Beberapa wiswan yang tertangkap membuang sampah sembarangan di Pulau Tidung, mendapat pembinaan dari Sudin LH Kepulauan Seribu. (deny)

Beberapa wiswan yang tertangkap membuang sampah sembarangan di Pulau Tidung, mendapat pembinaan dari Sudin LH Kepulauan Seribu. (deny)

JAKARTA – Sejumlah wiswan di Pulau Tidung, tertangkap tangan membuang sampah sembarangan oleh petugas Sudin Lingkungan Hidup (LH) Kepulauan Seribu, Jumat (27/4/2018). Beberapa dari mereka yang merupakan pelajar, sempat merengek untuk tidak diberi sanksi.

“Maaf Pak, saya kan tidak membuang tapi meletakan. Itu pun tidak tahu kalau ada aturan sanksi kalau membuang sampah sembarang di sini,” ucap Ratih, salah tau pelajar asal Subang, Jabar, yang berkunjung ke Pulau Tidung.

Pelajar SMP kelas 9 tersebut, pun berjanji tidak akan mengulangi membuang botol bekas minuman atau sampah lainnya di Pulau Tidung. “Beneran Pak tidak tahu, janji tidak bakal diulangi lagi,” rengeknya kepada petugas.

wisman pulau tidung

Dan berhubung kegiatan tersebut baru sebatas sosialisasi, petugas yang dipimpin langsung Kepala Sudin LH Kepulauan Seribu, Yusen Hardiman, pun hanya sebatas memberikan pemahaman mengenai Peraturan Daerah (Perda) No.3 Tahun 2013, tentang pengelolaan sampah,

TAHAP SOSIALISASI

“Ini memang baru tahap sosialisasi, mungkin nanti sanksi berupa denda Rp100 ribu sampai Rp500 ribu akan kita kenakan kepada wiswan yang kedapatan membuang sampah sembarangan,” jelasnya.

Tidak hanya di Pulau Tidung, operasi tangkap tangan juga akan dilakukan disejumlah pulau berpenduduk di Kepulauan Seribu. “Selain memang untuk menerapkan Perda yang ada, juga agar memberikan efek jera terhadap pelaku pembuang sampah sembarangan,” tegasnya. (deny)