Sunday, 23 September 2018

Dubes RI untuk Ukraina Promosikan Wisata Indonesia dan Asian Games

Sabtu, 28 April 2018 — 0:35 WIB
Dubes Yuddy bersama tim saat mempromosikan wisata Indonesia di Bandara Boryspil, Ukraina dan dimeriahkan pertunjukan Tari Sintren. (ist)

Dubes Yuddy bersama tim saat mempromosikan wisata Indonesia di Bandara Boryspil, Ukraina dan dimeriahkan pertunjukan Tari Sintren. (ist)

JAKARTA – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kiev melakukan terobosan promosi wisata dengan menggandeng Qatar Airways sebagai ‘mutual partner’. Acara tersebut dimeriahkan dengan hiburan tradisional yakni Tari Sintren dan Tanjidor yang berlangsung di Bandara Boryspil, Kiev, Ukraina, Jumat (27/4/2018).

Duta Besar Yuddy Chrisnandi dalam siaran persnya mengatakan terobosan ini untuk mempromosikan wisata Indonesia, terutama Bali dan Jakarta. “Selain itu, juga turut mendukung sukses Asian Games Jakarta – Palembang.

Kami mendorong warga Ukraina pada musim panas mendatang antara Agustus dan September agar datang ke Indonesia untuk menonton Asian Games dan berlibur di Bali dan daerah wisata lainnya,” ujar Yuddy, mantan Menpan RB.

Acara tersebut mengusung tema ‘Let’s Succeed 18th ASIAN GAMES Jakarta Palembang 2018’. Duta Besar bersama dengan para staf kedutaan mempromosikan berbagai destinasi unggulan di Indonesia. Bersama dengan itu, Yevgenii Dudnyk, selaku service manager Qatar Airways juga mempromosikan secara langsung rute baru QA yaitu Kiev-Doha lalu Doha-Denpasar kepada para pelancong di Bandara Boryspil.

Kegiatan diramaikan dengan pembagian makanan khas Indonesia berupa kerupuk tengiri, kue pandan dan risol. Pembagian makanan dilakukan oleh sejumlah mahasiswa Universitas Tarash Shenvchenko dengan memakai pakaian khas Indonesia dari berbagai daerah seperti Jawa Tengah, Sumatera Utara, Palembang, Sulawesi Selatan, Bali, Sumatera Barat, dll. Acara dilanjutkan dengan pertunjukan tari yang menyita perhatian mayoritas pengunjung Boryspil. Tari Sintren dan Tanjidor dibawakan dengan eloknya sehingga seketika itu Boryspil berubah menjadi arena pertunjukan yang penuh sesak. “Antusiasme para pelancong membuat Boryspil seperti ruang konser,” papar Yuddy.

Menurutnya, kegiatan ini terselenggara berkat ide tim KBRI Kiev yang solid. “Saya mengira bakal efektif untuk promosi wisata Indonesia. Kami juga akan bekerja sama dengan Qatar Airways secara longtime agar dapat memasang banner wisata Indonesia di bandara, mengadakan acara seni dengan mereka, bagi-bagi makanan Indonesia. Jika dilakukan secara periodik saya kira akan menambah antusiasme warga ukraina untuk berlibur ke indonesia,” ujar Yuddy. (joko/b)