Tuesday, 20 November 2018

Dukung Perdamaian, Jokowi Bertemu Dubes Korsel dan Korut

Senin, 30 April 2018 — 23:30 WIB
Presiden Jokowi saat menerima Dubes Korea Selatan dan Korea Utara di Istana Merdeka, Jakarta,  Senin (30/4).(ist)

Presiden Jokowi saat menerima Dubes Korea Selatan dan Korea Utara di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/4).(ist)

JAKARTA – Presiden Jokowi menegaskan Indonesia mendukung perdamaian Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut).

“Indonesia sangat mendukung upaya perdamaian yang sedang dijajaki oleh Presiden Republik Korea Moon Jae-in dan Presiden Republik Rakyat Demokratik Korea Kim Jong-un,” ucap Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/4/2018).

Jokowi menjelaskan dukungan Indonesia bagi perdamaian kedua negara tersebut telah disampaikan langsung saat menerima Duta Besar (Dubes) Republik Korea untuk Indonesia, Kim Chang-beom, dan Dubes Republik Rakyat Demokratik Korea untuk Indonesia, An Kwang Il.

“Tadi saya baru saja mengadakan pertemuan dengan Bapak Duta Besar Korut dan Bapak Duta Besar Korsel yang intinya Indonesia sangat mendukung proses perdamaian yang ada,” ujar Kepala Negara.

Presiden menjelaskan, Indonesia berharap dan memberi dukungan penuh agar proses perdamaian kedua belah pihak itu dilanjutkan dalam sebuah kesepakatan, sehingga berdampak pada proses perdamaian di kawasan dan tentu di seluruh dunia.

Menurut Jokowi, kedua duta besar tersebut menceritakan akan ada proses tindak lanjut, dari pertemuan kedua presiden baik dalam nantinya pertukaran keluarga-keluarga yang terpisah, juga proses-proses dalam pembangunan kantor untuk penghubung komunikasi dari Korsel dan Korut.

Presiden juga menegaskan Indonesia bersedis untuk turut berperan serta dalam proses perdamaian tersebut, dan Indonesia siap memfasilitasi rencana pertemuan antara Presiden Kim Jong-un dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Johara/b)