Monday, 19 August 2019

Layanan KTP El, Disdukcapil Tangsel Datangi Warga Sakit

Senin, 30 April 2018 — 7:56 WIB
Salah satu warga yang didatangi tim pelayanan Disdukcapil Kota Tangsel ke rumah untuk melakukan perekaman E KTP. (anton)

Salah satu warga yang didatangi tim pelayanan Disdukcapil Kota Tangsel ke rumah untuk melakukan perekaman E KTP. (anton)

TANGERANG – Keluhan warga di 7 kecamatan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) khususnya yang belum mendapatkan perekaman KTP elektronik karena kondisi mereka sakit mendapatkan respan langsung jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat dengan mendatangi rumah mereka.

“Alhamdulillah.. Ternyata surat yang diajukan agar petugas Disdukcapil door to door atau melakukan sistem jemput bola ke rumah warga langsung direspon petugas tersebut dengan membawa seperangkat alat perekaman e KTP,” kata Ny. Marta, warga di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Kel. Rawa Buntu, Serpong.

Kedatangan tim pelayanan sistem jemput bola Disdukcapil tersebut, tambah dia, tentunya memang sangat diharapkan agar warga yang sakit dengan kondisi tidak dapat berjalan tentunya memperoleh hak atau perhatian yang sama untuk mendapatkan e KTP atau pelayanan tersebut.

Hal senada dikatakan, Ny. Sukarno, warga Pondok Benda, Pamulang, yang menga[presiasi petugas Disdukcapil Kota Tangsel yang memberikan pelayanan e KTP kepada warga yang sakit dengan datang langsung ke rumah untuk memproses adiministrai yang diperlukan.

“Ini merupakan yang pertama kali bagi warga didatangi petugas Disdukcapil Tangsel untuk memproses administrasi kependudukan,” tuturnya yang sangat mendukung program sistem jemput bola pelayanan E KTP dan lainnya oleh Disdukcapil Kota Tangsel.

SURAT PENGAJUAN

Sementara itu, Kepala Didsukcapil Kota Tangsel, Dedi Biudiawan didampingi Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk pada Disdukcapil setempat, Heru Sudarmanto, mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu program pelayanan sistem jemput bola yang selama ini dilakukan ke sejumlah kelurahan dan kecamatan.

“Untuk kegiatan door to door atau mendatangi rumah warga langsung tentunya sesuai surat pengajuan dari warga tersebut ke Disdukcapil Tangsel,” ujarnya setelah mengirimkan surat berdasarkan surat pengajuan tim langsung membtnuk anggota dan mendatangi warga yang bersangkutan yang kemudian melakukan proses perekaman dan pembuatan e KTP.

Kebanyakan mereka yang meminta dibuatkan langsung di rumah masyarakat melihat dari kondisi warga tersebut yang sangat parah atau sakit tidak dapat bangun seperti sakit stroke, lansia, disabilitas dan lainnya. Kurun empat bulan ini ada sembila rumah warga yang didatangi petugas Disdukcapil secara langsung ke rumahnya seperti Kel. Rawa Buntu, Serpong, Kel. Kademangan, Setu, Kel. Kademangan, Setu dan Kel. Kedaung, Pamulang.

Ditambahkan, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk setempat, Heru Sudarmanto, warga yang tidak bisa datang ke kantor Disdukcapil karena kondisi sakit dan tidak memungkinkan tentunya tidak pelu takut dan cemas karena petugas akan datang melayani perekaman e KTP tentunya sebelumnya berdasarkan surat pengajuan terlebih dulu.

(anton/sir)