Saturday, 26 May 2018

Angkat 10 Bali Baru dengan Memacu Adrenalin di Indonesia Riders Quest

Kamis, 3 Mei 2018 — 21:31 WIB
arif-lagoi

JAKARTA – Bagi penikmat petualangan jangan lewatkan Indonesia Riders Quest Pi Timor. Track panjang dengan durasi tempuh akan digelar pada 6-12 Mei 2018. Menjadi branding 10 Bali Baru, adrenalin riders akan dimanjakan dengan eksotisme nature dan culture. Semuanya terbentang dari Bali hingga Nusa Tenggara Timur (NTT).

Beragam keseruan akan tersaji pada chapter pertama Riders Quest Pi Timor. Mengusung tema ‘Where the Journey Begins’, Indonesia Riders Quest akan menempuh jarak 2.500 km. Jarak panjang ini terbagi dalam beberapa etape. Startnya di Bali. Kota Kupang, NTT, jadi titik finish setelah mengeksplor eksotisme Nusa Tenggara Barat (NTB).

Deputi Pengembangan Pemasaran I Kemenpar I Gde Pitana mengatakan, event ini sangat seru dan menantang.“Event ini sangat bagus dan menarik karena menjadi bagian promosi Bali Baru. Jarak tempuhnya sangat panjang dan dilakukan sekitar sepekan. Para peserta tentu akan mendapatkan beragam pesona alam dan budaya. Rute dari Bali hingga NTT terkenal dengan keindahannya. Dijamin peserta akan puas. Karena semua peserta juga melewati dua daerah yang masuk 10 Bali Baru yakni Mandalika dan Labuan Bajo,” ungkap Pitana yang juga diamini Asisten Deputi Pemasaran II Regional III Ricky Fauzi.

Setelah puas menikmati pesona Bali, riders akan mengeksplor beberapa destinasi 10 Bali Baru. Mereka ini akan singgah di Mandalika (NTB) juga Labuan Bajo (NTT). Untuk detail rutenya, di Bali mereka singgah di Desa Adat Tenganan. Desa ini masih mempertahankan tradisi leluhur. Setelah itu, bergerak menuju Beji Guwang Sukawati dan Padang Bai. Perjalanan berlanjut ke Pelabuhan Lembar lalu Mandalika.

Dari Mandalika, rider diajak menikmati pesona Sengigi, Desa Adat Bayan, baru ke Pelabuhan Khayangan. Setelah menyeberang dan sampai di Pelabuhan Potatano, mereka bergerak ke Sumbawa Besar, Labangka, Sape, hingga Labuan Bajo.

Senggigi ini merupakan juaranya pantai. Sebab, view-nya sangat eksotis. Paket pun menjadi lengkap kala menapaki Desa Adat Bayan. Di desa ini, riders bisa mempelajari beragam kearifan lokal warga Sasak. Background-nya pun keren, yaitu berupa Gunung Rinjani.

“Para riders dijamin akan selalu mengingat moment terbaik di sini. Suasana pantai hingga culture kuat suku Sasak akan menambah pengetahuan. Keseruan mereka semakin lengkap ketika memasuki wilayah NTT. Pokoknya Indonesia Riders Quest ini jangan sampai terlewatkan,” terang Ricky Fauziyani.

Dari Labuan Bajo, riders akan melewati Ruteng, Kampung Adat Pa’u, Kampung Adat Bena, baru ke Ende. Menggunakan motor Cleveland Cyclewerks, mereka lalu bergerak menuju Pelabuhan Tenau baru ke Kupang. Sesampainya di Kupang, mereka tetap melanjutkan perjalanan menuju PLBN Mato’ain.

Setelah beristirahat sejenak di Mato’ain, konvoi menuju ke Atambua lalu kembali lagi ke Kupang. Ritual chapter pertama Indonesia Raiders Quest di kawasan timur ini pun di tutup. Pitana mengatakan, event ini menjadi semakin seru dengan kehadiran beberapa publik figur.

“Sungguh perjalanan yang menyenangkan, apalagi event ini menjadi branding dari 10 Bali Baru. Dijamin sepanjang touring ini tidak akan bosan. Apalagi, event ini juga diikuti sekitar 5 publik figur dengan basic massa yang besar,” kata Ricky.
Menyemarakkan event, beberapa artis top Indonesia pun dilibatkan. Sebut saja ada Ringgo Agus Rahman. Dengan followers 1,3 M, kehadiran Ringgo tentu menarik sebagai bagian branding 10 Bali Baru. Ada juga duo presenter Vincent Rompies (followers 319 K) dan Mahendra Desta (followers 693). Keduanya selalu memberi kesegaran melalui candaannya. Traveler Dede Edun siap memberi warna lain, lalu kesegaran disempurnakan oleh aktris dan model FinaPhillipe.

“Kami sengaja memasukan influencer untuk menyemarakan event ini. Sebab, Indonesia Raiders Quest ini harus promosi destinasi 10 Bali Baru. Kehadiran publik figur ini akan menjadi daya tarik, selain mereka memang seorang rider. Kami pun optimistis, event ini akan menarik minat peserta dengan jumlah besar. Sebab, komunitas ini kuat,” tuturnya.

Menggunakan motor Cleveland Cyclewerks, semua mata akan dimanjakan dengan pemandangan unik plus nyentrik. Sebab, ada beberapa custom terbaik yang dirilis oleh Lawless Jakarta Garage, Thrive MC, Speedking, hingga Katros Garage. Dijamin jalanan Bali hingga NTT akan dihiasi motor-motor super keren. Apalagi para riders ini terus
mencari ruang guna eksplorasi dan mencari petualangan.

“Bergabung di event ini sangat menyenangkan. Apalagi konsep modifikasi yang ditampilkan semuanya keren-keren. Mereka terus menerapkan hal-hal baru bahkan berani dalam setiap modifikasinya. Demi mendapatkan kepuasan, kadang motor sampai dirombak total. Meski begitu, motor sangat aman dan nyaman ketika dikendarai,” ujar pengemar motor nasional Vita Datau.
Vita yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Percepatan Wisata Belanja dan Kuliner itu melanjutkan, para riders pun akan menikmati beragam kuliner khas dari 3 provinsi tersebut. Sebab, Bali, NTB, dan NTT menjadi surganya kuliner nikmat dengan harga miring. “Keindahan alam dan dan budaya akan menjadi menu utama. Tapi, jangan lupakan juga soal potensi dari kulinernya. Kuliner di sana nikmat sekali, silahkan dong explore di sosial media. Itu sangat membantu pariwisata Indonesia,” kata Vita lagi.

Digelarnya Indonesia Riders Quest mendapat apresiasi Menteri Pariwsata (Menpar) Arief Yahya. Menpar mengatakan, semua akan diuntungkan dengan pemyelenggaraan event ini. “Konsep Indonesia Riders Quest ini bagus dan menantang. Harus diakui, jarak tempuhnya panjang sekali. Tapi, semua akan dibayar lunas dengan beragam atraksi menarik. Yang jelas, siapkan energi dan stamina prima untuk menikmati event ini,” tutup Arief Yahya. (prihandoko)