Saturday, 22 September 2018

Ternyata USBK Bahasa Indonesia Kacau di Semua SMP di Depok

Kamis, 3 Mei 2018 — 18:21 WIB
Kadisdik Kota depok M. Thamrin. (anton)

Kadisdik Kota depok M. Thamrin. (anton)

DEPOK – Masalah ujian sekolah berbasis komputer (USBK) yang sempat kacau akibat soal ujian mata pelajaran Bahasa Inggris tidak diupload melalui jaringan komputer ternyata terjadi di seluruh sekolah menengah pertama (SMP) negeri dan sebagian swasta di Kota Depok.

“Memang betul ada masalah dalam upload soal pelajaran Bahasa Inggris,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok M. Thamrin, Kamis (3/5).

Sebanyak 26 SMP Negeri dan ratusan sekolah swasta tentunya tidak dapat mengupload soal atau materi pelajaran untuk USBK hari ini karena ada materi soal yang tidak dapat dikerjakan melalui layar monitor di komputer tapi harus menggunakan kertas jawaban seperti dulu.

Sebelumnya diberitakan kegiatan USBK tingkat SMP di Depok kacau karena soal ujian Bahasa Inggris belum diupload ke jaringan komputer. Akibatnya siswa di SMP Perjuangan harus menunggu sampai empat jam untuk mengerjakan soal tersebut menggunakan kertas jawaban biasa.

Pihaknya telah bekerjasama dengan Pustekkom Kementerian Pendidikan RI beberapa waktu lalu, tambah dia, tapi memang ada soal jawaban yang harus menggunakan lembaran jawaban kertas biasa karena melalui langsung di layar monitor komputer belum dapat dilakukan.

Menurut dia, kegiatan USBK di Kota Depok sebetulnya sudah berjalan baik di semua sekolah terlebih yang melaksanakan USBK SMP baru 40 persen diharapkan tahun mendatang seluruh USBK dapat dilakukan di seluruh sekolah SMP untuk mempercepat dan mempermudah siswa. (anton/b)