Tuesday, 23 October 2018

Olympique Marseille Tantang Atletico Madrid di Final Liga Europa

Jumat, 4 Mei 2018 — 5:08 WIB
Pemain-pemain  Olympique Marseille rayakan kelolosan mereka ke final Liga Europa (reuters)

Pemain-pemain Olympique Marseille rayakan kelolosan mereka ke final Liga Europa (reuters)

AUSTRIA- Dramatis, Olympique Marseille akhirnya lolos ke final Liga Europa setelah menyingkirkan Salzbourg dengan keunggulan agregat 3-2 . Marseille akan berhadapan dengan Atletico Madrid yan mampu menghapus mimpi Arsenal.

Pada laga leg kedua semifinal di Red Bull Arena, Austria, Jumat (4/5/2018) dinihari tadi sebetulnya Olympique Marseille kalah 2-1. Namun karena pada leg pertama di kandangnya pekan lalu menang 2-0 maka, Marseille berhak ke final dengan keunggulan 3-2 secara agregat.

Laga berlangsung seru dan cukup tragis bagi tuan rumah Salzbourg. Sempat unggul 2-0 berkat gol A. Haidara menit ke-53 dan gol bunuh diri B. Sarr menit ke-65, namun akhirnya sia-sia karena menit ke 116 Rolando mampu mencetak gol sehingga kedudukan 2-1 .

Tidak itu saja tuan rumah harus kehilangan Amadou Haidara pada menit ke-119 karena diusir wasit lantaran menerima kartu kuning kedua.

Kalah 0-2 di kandang Marseille, tentu berat bagi Salzburg . Untuk lolos mereka wajib menang 3-0. Dan sebetulnya ada secercah harapan setelah menit ke-53 mampu memecah kebuntuan. Amadou Haidara, yang menggiring bola sampai kotak penalti dengan melewati empat pemain berhasil melesakkan gol dari jarak dekat. 1-0 Salzburg memimpin.

Angin segar berhembus ke kubu Salzburg di menit ke-65. Bouna Sarr mencetak gol bunuh diri setelah membelokkan arah bola dari tendangan Xavier Schlager.

Klub asal Austria itu pun memimpin 2-0 dan memaksakan laga berlanjut ke 2×15 menit setelah agregat menjadi 2-2.

Di perpanjangan waktu  babak pertama Salzburg punya beberapa peluang bersih untuk memperbesar keunggulan, namun mereka tak bisa mengonversi menjadi gol.

Alih-alih mencari tambahan gol, Salzburg malah harus kebobolan di babak kedua perpanjangan waktu. Rolando melesakkan gol untuk Marseille di menit ke-116 usai menyambut sepak pojok Dimitri Payet.

Dengan hasil ini makan Marseille akan menghadapi Atletico Madrid di final​ Liga Europa di stadion The Stade de Lyon, Prancis untuk pertama kalinya dalam sejarah. Laga final digelar Kamis 17 Mei 2018 pukuk 01.45 WIB.

Stadion yang berkapasitas 58 ribu penonton dan dibuka pertama kali pada Januari 2016 tentu akan menguntungkan Marseille karena hampir sama saja mereka bermain di kandang.(b)