Tuesday, 17 September 2019

Imigrasi kelas II Depok Awasi Ketat Tenaga Kerja Asing

Sabtu, 5 Mei 2018 — 14:12 WIB
dokumentasi

dokumentasi

DEPOK – Mengantasi lonjakan jumlah tenaga kerja asing (TKA) di Kota Depok, jajaran kantor Imigrasi kelas II Depok dan Dinas Ketenagakerjaan setempat terus melakukan pemantauan. Mereka mengawasi dengan ketat kehadiran orang asing yang datang untuk bekerja, belajar maupun hanya tinggal sementara.

“Kami memang terus melakukan pengawasan dan memantau keberadaan serta kehadiran orang asing di 11 kecamatan Kota Depok bersama jajaran Disnaker, kecamatan, kelurahan dan masyarkat lainnya,” kata Kepala Kantor Imigrasi kelas II Depok Dadan Gunawan, Sabtu (5/5/2018).

dadan gunawan (2)Kepala Kantor Imigrasi kelas II Depok Dadan Gunawan. (anton)

 Berdasarkan data yang ada, hingga Mei 2018 jumlah TKA di Kota Depok mencapai 249 orang, yang bekerja di kota Depok. Sekitar 100 TKA bekerja di sektor industry, satu orang di bidang kontruksi, enam TKA di bidang jasa perdagangan dan 87 orang TKA di beberapa bidang lain  seperti dosen, pelajar dan lainnya,” tambah Dadan Gunawan.

Tidak Semua Bekerja di Depok

Sementara itu, Kepala Disnaker Kota Depok, Diah Sadiah, menambahkan dari jumlah total 249 TKA, yang tinggal di Depok sejak tahun 2017 tercatat 189 TKA. Sedangkan 60 TKA tercatat baru datang ke Kota Depok sejak Januari hingga Mei 2018 ini.

Disebutkan, tidak semuanya TKA yang tercatat bekerja atau bertugas di Kota Depok. Mereka juga tersebar di beberapa kota perbatasan seperti Bekas, Cikarang, Bogor, Tangerang, Tangsel, Banten dan DKI Jakarta.

“Yang bekerja di Kota Depok hanya sekitar 40 sampai 50 TKA saja,” imbuhnya yang menambahkan pihaknya hanya memfasilitasi saja untuk memperpanjang izin TKA, atau Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA). (anton/mb)