Friday, 16 November 2018

Batal ke China, Iniesta Dikabarkan Merapat ke Jepang

Selasa, 8 Mei 2018 — 9:21 WIB
Andres Iniesta, kapten Barcelona yang musim depan tak lagi berseragam klub Catalan itu. (reuters)

Andres Iniesta, kapten Barcelona yang musim depan tak lagi berseragam klub Catalan itu. (reuters)

SPANYOL –  Batal bergabung dengan klub China, Iniesta kemungkinan besar akan menuju Jepang. Gelandang elegan ini memastikan musim depan tak lagi bersama Barcelona, klub tempatnya bermain sejak remaja belasan tahun.

Radio Catalunya melaporkan klub yang paling mungkin menjadi tujuan Iniesta adalah Vissel Kobe. Alasannya, Iniesta tak akan bermain di klub Eropa lain yang memungkinkannya bermain melawan Barca.

Di klub itu ada Lukas Podolski, mantan pemain Arsenal yang bergabung pada musim lalu. Di satu sisi, Hiroshi Mikitani, pemilik Vissel Kobe ternyata adalah juga pendiri dan presiden Rakuten, sponsor utama Barca.

Klub China, Chongqing Dangdai Lifan, telah menyebut tak akan merekrut Iniesta sebagai pemain mereka di musim depan. Mereka hanya akan melakukan kerja sama komersial dengan Iniesta.

Batalnya Iniesta bersegaram klub papan tengah Liga China itu terjadi karena beberapa hal.  Gaji 81 juta euro untuk Iniesta  dianggap terlalu tinggi padahal kkub harus mematuhi investasi rasional yang tak melanggar prospek pengembangan sepak bola China.

Federasi sepak bola China juga menerapkan pajak tinggi untuk biaya transfer. Ini menyebabkan invasi pemain Eropa ke Cina mulai berkurang.

Sejatinya Iniesta juga mendapat tawaran bermain di Amerika Serikat, Australia, dan Qatar. Namun Iniesta tak akan mengumumkan kemana ia akan bermain sampai laga terakhir Barca melawan Real Sociedad. (yp)