Tuesday, 25 September 2018

Rupiah Makin Tak Berdaya Hadapi Dolar

Selasa, 8 Mei 2018 — 19:09 WIB
*reuters

*reuters

JAKARTA –Kondisi rupiah makin parah terhadap dolar Amerika. Pada penutupan perdagangan, Selasa (8/5) sore rupiah tertekan ke level Rp14.052 per dolar Amerika. Pada perdagangan pagi rupiah berada di angka Rp14.004 per dolar Amerika.

Beberapa pengamat pasar uang diantaranya Reza Priyambada mengatakan, pelemahan rupiah sebagai imbas dari pergerakan dolar AS yang masih perkasa. Penguatan dolar AS lantaran masih ada kekhawatiran akan peningkatan inflasi yang mendorong perkiraan kenaikan tingkat suku bunga The Fed (bank Central Amerika).

Selain  faktor luar, melemahnya rupiah akibat sentimen dari dalam negeri sehingga tidak mampu mengangkat nilai rupiah. Meski begitu ada sentimen positif di antaranya rilis Survei Penjualan Eceran Bank Indonesia yang mengindikasikan peningkatan pertumbuhan penjualan eceran pada Maret 2018.

Selain itu, juga adanya rilis Badan Pusat Statistik  tentang data pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan pertama 2018 5,06 persen lebih tinggi dari posisi yang sama di tahun lalu sebesar 5,01 persen.

“Diharapkan kepanikan dapat mereda dan sentimen dari dalam negeri dapat lebih positif untuk menarik minat pelaku pasar terhadap rupiah sehingga pelemahannya dapat lebih tertahan,” kata Reza.(us)