Monday, 19 August 2019

Jelang Ramadhan Pembeli Incar Perlengkapan Ibadah di Pasar Tanah Abang

Kamis, 10 Mei 2018 — 16:04 WIB
Pembeli di Pasar Tanag Abang mulai incar perlengkapan ibadah.(Cw2)

Pembeli di Pasar Tanag Abang mulai incar perlengkapan ibadah.(Cw2)

JAKARTA – Menjelang bulan suci Ramadhan, banyak umat muslim yang mengincar peralatan ibadah. Mulai dari sajadah, sarung, maupun mukena. Salah satu penjual di toko yang menjual sajadah dan sarung di Blok A, lantai SLG di Tanah Abang, mengaku omset kali ini menurun.

Menurut Rafi, penjual di toko tersebut, jumlah pembeli pada menjelang puasa kali ini jauh menurun. Jika biasanya dua bulan sebelum puasa tokonya ramai diburu, kini sampai sudah mendekati puasa, pembelinya masih belum seberapa.

“Kalau dibanding tahun kemarin sih bisa dibilang menurun. Biasanya omset sebulan sebelum puasa bisa sampai Rp 300 juta, yah kalau bulan ini kira-kira Rp 250 juta,” ujar Rafi  di Blok A, Lantai SLG, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (10/5/2018) .

rafi

Rafi, pedagang perlengkapan ibadah di Pasar Tanah Abang.(Cw2)

Ia mengaku tidak tau penyebabnya apa. Namun bisa jadi karena jaman yang semakin canggih sehingga mereka lebih memilih berbelanja secara online.

“Kan enak kalau online ga perlu ongkos, ga perlu desek-desekan. Cuma kalau belanja langsung enaknya bisa langsung megang (barang belanjaannya),” tambah Rafi.

Ia mengatakan sarung yang dijualnya berkisar harga Rp. 50.000. Namun tergantung pula dengan merek dari sarungnya. Jika bulan ramadhan dan menjelang idul fitri, biasanya kata Rafi, lebih banyak yang mengincar sarung daripada sajadah.

“Kalau mau lebaran nanti memang ramai yang beli. Itu biasanya beli sarung. Kalau sajadah baru ramai pembelinya pas idul adha. Soalnya kan barengan sama musim haji, buat dibagi-bagikan,” pungkasnya. (Cw2/tri)