Sunday, 18 November 2018

Jenderal Gatot Bisa Saingi Jokowi Tapi Kesulitan Tiket

Jumat, 11 Mei 2018 — 20:14 WIB
Panglima TNI Gatot (2)

JAKARTA -Mantan panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo menjadi figur yang paling bisa bersaing dengan Joko Widodo (Jokowi), di Pilpres 2019. Ini merupakan hasil analisis dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI).

“PR (pekerjaan rumah) besar Gatot lebih pada persoalan tiket dukungan parpol,” kata Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Denny JA, Toto Izul Fatah, kepada pers dalam siaran persnya, Jumat (11/5).

Dari bakal calon presiden yang ada, kata dia, Gatot punya potensi lebih. Menurutnya ada tiga alasan mengapa Gatot yang paling potensial. Dari segi karakter personal figur, Gatot adalah sosok yang merepresentasikan dua karakter sekaligus, yaitu Prabowo Subianto, yang tegas dan punya potensi menjadi strong leader, serta figur Jokowi yang  sederhana dan merakyat.

“Alasan dan keinginan rakyat yang memilih Prabowo karena sikap tegas dan nasionalisnya serta memilih Joko Widodo karena kesederhanaan dan sikap merakyatnya sudah cukup terwakili oleh sosok Gatot yang memiliki kedua karakter tersebut,” papar dia.

Jika Gatot mendapat tiket dari poros ketiga dengan mengantongi minimal 20 persen kursi DPR RI, yang akan tergerus suaranya bukan saja Prabowo, melainkan juga Jokowi. Dengan kata lain, Gatot akan menjadi “ancaman” berat untuk Jokowi dan Prabowo pada 2019 nanti.

“Apalagi, jika Gerindra dan PKS akhirnya bergabung mendukung Gatot bersama PAN, PKB, dan Demokrat,” kata peneliti senior tersebut.(us)