Sunday, 16 December 2018

Tan Ek Tjoan, Itu Dia Merk Roti Tertua di Indonesia

Sabtu, 12 Mei 2018 — 16:48 WIB
Di Cikini, roti legendaris Tan Aek Tjoan masih mudah ditemuai,. Roti ini sudah ada sejak 1921. (cw2)

Di Cikini, roti legendaris Tan Aek Tjoan masih mudah ditemuai,. Roti ini sudah ada sejak 1921. (cw2)

JAKARTA – Tan Ek Tjoan merupakan salah satu merek roti legendaris, merk tertua yang ada di Indonesia. Para pedagang roti ini bisa ditemui di sekitar kawasan Cikini menggunakan gerobak roti khas, dengan tulisan ‘Tan Ek Tjoan’ pada badan gerobak.

Salah satu penjual roti tersebut adalah Aa. Ia mengaku sudah puluhan tahun berjualan roti Tan Ek Tjoan. Ia memilih setia berjualan roti dengan merk tersebut karena kualitas roti yang dinilai bagus dan rasanya yang lezat.

“Pokoknya gak kehitung, deh. Dari anak saya dua sampai anak saya lima dan sekarang udah pada nikah semua. Ya, ada kali bangsa 40 tahun, mah,” ujar Aa pada Sabtu (12/5/2018) di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat.

Menurutnya, dulu ketika masa jayanya roti yang sudah ada sejak 1921 tersebut, ia biasa berkeliling ke kawasan Kwitang-Poncol-Taman Ismail Marzuki (TIM). Namun begitu toko roti mulai menjamur, pelangganya mulai berkurang, ia pun berdagang hanya di satu tempat saja, yaitu depan TIM.

“Yang beli biasanya bermobil, ada juga yang naik motor. Sekarang dagang di sini doang yang beli sih ada aja. Kalau dulu kan keliling langganannya ya ada, saya nganterin ke tempat langganan juga,” tambah pria yang memiliki 5 anak perempuan tersebut.

Roti Tan Ek Tjoan ini dijual dengan harga Rp. 6.000 – Rp. 7.000. Ia mengaku tidak menaikkan harga apabila pembelinya bermobil, justru biasanya ia mendapat uang lebih dari mereka.

“Biasanya malah mereka gak ambil uang kembalian. Ya, misal ada kembalian berapa, mereka bilang ‘udah ambil aja Pak kembaliannya,” ujarnya.

Lebih lanjut Aa mengatakan, sudah mulai keluar untuk menjajakan roti sejak pukul 14.00 WIB sampai pukul 22.00 – 23.00 WIB. Pria asal Bogor ini tinggal di sebuah kontrakan kawasan Kwitang bersama para penjual roti Tan Ek Tjoan lainnya.

Pria 65 tahun ini mengungkapkan kalau roti gambang sedang hits dan paling banyak diburu oleh para penjaja roti tersebut. Meskipun teksturnya lebih keras, namun ternyata roti berwarna cokelat gelap dengan taburan wijen di atasnya ini diminati banyak orang. (cw2/win)