Monday, 22 October 2018

Jelang Puasa, Sandi Uno Pastikan Harga Sembako Stabil

Senin, 14 Mei 2018 — 15:07 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.(ikbal)

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.(ikbal)

JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno memastikan harga sembako di seluruh pasar di Ibukota menjelang bulan Suci Ramadhan relatif stabil dan tidak ada kenaikan yang berarti.

Sandiaga mengaku telah berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait khusus membahas harga sembako di pasar yang selalu terjadi kenaikan ketika memasuki bulan Suci Ramadhan.

“Kita bisa pastikan bahwa pantauan stabilitas harga di pasar pasar di DKI Jakarta Alhamdulillah terpantau stabil dan terkendali,” kata Sandiaga di kantornya, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (14/5/2018).

Bahkan, pria yang akrab disapa Sandi tersebut mengklaim prestasi Jakarta menjaga inflasi menjadi yang terbaik di Indonesia. Bahkan membantu pemerintah mengurangi gejolak harga kebutuhan bahan pokok.

“Tadi kita pastikan jangan sampai nanti rupiah yang bergejolak berdampak terhadap peningkatan beberapa komoditas yang dipantau seperti telur ayam, daging ayam dan juga ada impor kedelai yang nanti akan berdampak pada harga tempe dan tahu,” ucap dia.

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) pangan sudah berkoordinasi dan telah diberikan intruksi untuk mengamankan pasokan dan memastikan distribusi aman, terbuka dan berkeadilan. Menurut Sandi, bahan pokok yang rentan terjadi kenaikan berdasarkan gejolak rupiah dan US Dolar adalah telur ayam, daging ayam, serta kedelai termasuk tahu dan tempe.

“Jadi itu yang menjadi fokus kita termasuk bawang putih Karena bawang putih ada yang impor,” bener Sandi.

Ada empat point yang bisa mempengaruhi harga kebutuhan bahan pokok dipasaran naik, pertama yakni jalur distribusi terganggu, rupiah dan dolar bergejolak, spekulan, dan perubahan iklim.

“Spekulasi ini sudah semakin tereliminasi karena ada Satgas. Kalau ada iklim yang berubah itu antisipasi supply and demand dan harga akan bergejolak,” kata Sandi. (yendhi/yp)