Tuesday, 20 November 2018

Hadapi Asian Games, Anies Beberkan Kesiapan Pemprov DKI Jakarta

Selasa, 15 Mei 2018 — 18:24 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.(Ikbal)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.(Ikbal)

JAKARTA –  Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, menghadapi pagelaran Asian Games yang akan digelar pada Agustus 2018 mendatang, pembangunan sejumlah sarana dan prasarana yang dikerjakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah sesuai jadwal.

“Begini, terkait dengan persiapan Asian Games Jakarta mendapatkan tugas untuk menyiapkan equestrian, velodrome, stadion BMX, kemudian juga membangun stadion untuk baseball dan menyiapkan 10 GOR (Gelanggang Olahraga)  untuk menjadi tempat latihan para atlet.

Semua itu alhamdulillah on schedule insya Allah semuanya siap,” kata Anies di Hotel Atlet Century Park, Jalan Pintu Satu Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (15/5/2018).

Terkait pengelolaan transportasi, lanjut Anies, nantinya PT Transjakarta menyiapkan 1.500 bus untuk memfasilitasi warga yang akan meramaikan Asian Games agar tidak menggunakan kendaraan pribadi sehingga mengurangi kepadatan jalanan.

“Kemudian terkait dengan lalulintas nanti akan disiapkan jalur khusus di jalan tol mulai dari ram di Kemayoran di utara, Kemayoran, Ancol untuk sepanjang jalur lewat Grogol menuju Senayan, semuanya akan ada jalur khusus. Lalu juga jalur yang timur lewat Kelapa Gading sampai ke Tol Jagorawi untuk sampai ke Taman Mini Indonesia Indah,” ucap Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu berharap agar beberapa pemain cabang olahraga seperti golf bisa tinggal di dekat lapangan agar lebih efektif.

Anies mencontohkan lapangan golf yang berada di Pondok Indah, dengan jarak 41,5 KM sangat tidak mungkin di tempuh dalam waktu 30 menit meski jalanan kosong. Selanjutnya atlet pencak silat yang berada di Taman Mini yang memiliki jarak lebih dari 29 KM dari Wisma Atlet.

“Jadi insya Allah yang ke Gelora Bung Karno (GBK) ke arah Senayan dan lokasi-lokasi lain itu terjangkau dalam waktu 30 menit dengan rekayasa lalu lintas seperti itu,” papar Anies.

Pemprov DKI juga akan menyiapkan jalur non tol yakni satu jalur yang akan dikosongkan khusus untuk bus yang mengangkut atlet dari Wisma Atlet menuju Senayan. Jalur tersebut nantinya akan melintang dari Wisma Atlet di Kemayoran menuju Jalan Medan Merdeka, menuju Jalan Thamrin, Jalan Sudirman dan sampai Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan.

“Disamping itu akan ada pemberlakuan ganjil genap di wilayah-wilayah tertentu. Nah wilayahnya ini sedang diputuskan, dimana wilayahnya yang disana ada venue asian games dan ada lalu lintas kendaraan non tol mengangkut para atlet. Di tempat itu nanti akan kita berlakukan kebijakan ganjil genap,” kata Anies. (Yendhi/win)