Tuesday, 14 August 2018

Lewat Program Padat Karya, Pemdes Mekarsari Kerjakan Rabat Beton

Selasa, 15 Mei 2018 — 13:21 WIB
Pengerjaan jalan rabat beton menggunakan program padat karya dengan tenaga warga setempat. (taryani)

Pengerjaan jalan rabat beton menggunakan program padat karya dengan tenaga warga setempat. (taryani)

INDRAMAYU  –  Kepala Desa (Kuwu) Desa Mekarsari, Kecamatan Patrol, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat  dinilai memperhatikan kepentingan masyarakat. Terbukti melihat kondisi  jalan warga di Blok Pilangsari RT.01/RW.01 Desa Mekarsari rusak,  kini diperbaiki menggunakan konstruksi rabat beton.

Karuan saja, pembangunan jalan warga itu mendapat sambutan positif  masyarakat. Sebab pada saat musim penghujan, kondisi jalan yang semula rusak dan becek sekarang sudah bagus sehingga tidak becek lagi. Dampak pembangunan jalan lingkungan itu, membuat warga merasa nyaman menapaki atau berkendara motor melintasi jalan rabat beton yang panjangnya sekitar 240 Meter, lebar 2,5 Meter dan tebal 15 Cm itu.

Pembangunan infrastruktur jalan menggunakan rabat beton itu, memanfaatkan bantuan dana yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahap I tahun 2018. “DD tahap 1 tahun 2018 itu  sudah direalisasi Pemerintah Desa  (Pemdes) Mekarsari. Dana itu antara lain  untuk membiayai pembangunan infrastruktur yang sangat dibutuhkan masyarakat,” ujar Caswadi, warga setempat.

Warga Blok Pilangsari RT.01/RW 01 Desa Mekarsari itu mengatakan, masyarakat Blok Pilangsari  menyambut gembira dengan dibangunnya infrastruktur jalan warga itu. “Kami masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Pak Kuwu Cato yang sudah membangun jalan rabat beton yang selama ini menjadi keinginan masyarakat,” ujarnya.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Mekarsari,  Tarwijah, didampingi Wakilnya Adi Winata, Kepala Seksi  Pelayanan Pemdes Mekarsari Nurrokib dan Raksa Bumi  Nuryanto di lokasi pekerjaan rabat beton mengatakan, pekerjaan rabat beton jalan warga di Blok Pilangsari dilaksanakan  Pemdes  Mekarsari dengan  mengutamakan kualitas sesuai yang ditetapkan Pemerintah Pusat.

Pekerjaan itu memanfaatkan tenaga kerja lokal,  melalui program  Padat Karya. “Karena tujuan kegiatan Padat Karya itu untuk  pemberdayaan masyarakat serta membuka lapangan kerja bagi  warga setempat,” katanya.

Hasil pekerjaan rabat beton yang dikerjakan masyarakat itu cukup baik, karena  kualitasnya  sesuai spek pekerjaan. “Jalan  rabat beton yang dibangun Pemdes Mekarsari ini manfaatnya  untuk kepentingan masyarakat itu sendiri. Karenanya pembangunan jalan rabat beton ini agar dipelihara bersama,” ujarnya.  (taryani/mb)