Thursday, 24 May 2018

Marseille Lawan Atletico Duel Demi Harga Diri

Rabu, 16 Mei 2018 — 7:08 WIB
Pemain-pemain Marseille latihan untuk hadapi Atletico Mdrid (reuters)

Pemain-pemain Marseille latihan untuk hadapi Atletico Mdrid (reuters)

HONGARIA – Olympique Marseille dan Atletico Madrid akan saling ‘bunuh’ lebih dari sekadar membidik trofi pada partai final Liga Europa UEFA di Stadion Groupama, Budapest, Hongaria Kamis (17/5) dinihari WIB. Misi berbeda yang diusung kedua tim, membuat trofi tersebut menjadi hal yang sangat berharga.

Baik Marseille maupun Atletico sama-sama gagal meraih gelar di kompetisi domestik, musim ini. Marseille hanya bisa pasrah melihat gelar Ligue 1, Piala Liga dan Piala Prancis diborong Paris Saint-Germain (PSG). Demi mengakhiri dominasi PSG di kompetisi domestik, skuad asuhan Rudi García itu pun wajib mempersembahkan trofi Liga Europa musim ini yang akan lebih berharga bagi mereka.

Pasalnya, trofi tersebut tidak hanya menjaga harga diri mereka, tapi juga pembuka jalan menuju Liga Champions musim ini.

Saat ini Marseille masih bersaing dengan AS Monaco dan Olympique Lyonnais untuk finis di zona Liga Champions klasemen akhir Ligue 1.

Dengan satu laga tersisa, Marseille berada di tangga keempat dengan 74 poin. Skuad Garcia itu terpaut tiga angka di bawah Monaco dan satu angka dari Lyon. Itu artinya, Marseille harus menang di laga pamungkas saat menjamu Amiens SC, akhir pekan ini. Namun kemenangan itu tidak akan berarti jika Monaco dan Lyon juga menang atas Troyes dan Nice pada hari yang sama.

pemainatletico

Pemain -pemain Atletico Madrid latihan (reuters)

JALAN PINTAS

Oleh karena itulah trofi Liga Europa bisa menjadi jalan pintas bagi Marseille menuju Liga Champions. Berdasarkan aturan baku UEFA, tim yang menjuarai Piala Eropa, berhak lolos ke fase grup Liga Champions di musim berikutnya. “Tentu Liga Europa, bukan sekadar trofi bagi kami, tapi juga jalan lain bagi kami menuju Liga Champions. Untuk itu kami harus fokus dan mengalahkan Atletico jika kami ingin berada di sana (Liga Champions), meskipun ini akan menjadi laga yang sulit buat kami,” tandas Garca seperti dikutip L’Equipe.

Di aisi lain, Diego Simeone selaku pelatih Atletico, tidak ingin melepas trofi Liga Europa begitu saja. Ia bahkan sudah menyiapkan 16 pemain dalam sepekan terakhir demi bisa menurunkan kekuatan penuh.

“Sejauh ini para pemain masih berlatih seperti biasa dan tidak ada kendala seperti cedera atau gangguan lain. Kami akan menurunkan tim yang paling kompetitif untuk menutup musim. Ada beberapa pemain yang sepertinya harus dipertimbangkan main. Tapi, aku belum bisa memastikan karena semua bisa berubah dalam tiga menit,” tegasnya seperti dikutip
Marca. (junius/bu)