Thursday, 24 May 2018

Menunjang Listrik Asian Games, PLN Resmikan 19 Gardu Induk

Rabu, 16 Mei 2018 — 21:30 WIB
Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat, Hariyanto W.S bersama para staf meninjau lokasi GI di TJBB Gandul

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat, Hariyanto W.S bersama para staf meninjau lokasi GI di TJBB Gandul

DEPOK  – Guna menunjang kebutuhan listrik saat Asian Games 2018, PLN  Regional Jawa Bagian Barat, meresmikan sebanyak 19 proyek Gardu Induk (GI), Jaringan Transmisi dan Saluran Kabel Tegangan Tinggi. Ini sekaligus untuk menambah kebutuhan saat  Ramadhan, dan Idul Fitri.

Hal tersebut diutarakan oleh Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat, Hariyanto WS. Menurutnya, pembangunan 19 proyek GI di antaranya unit pelaksana TJBB ada 11 proyek dengan GI 860 MVA dan Tranmisi /SKTT 34,95 KMS, UIP JBB ada 5 proyek dengan GI 1.060 MVA, Transmisi 8,78 KMS, dan UIP ISJ ada 3 proyek  ada 300 MVA dengan 1,5 KMS total nilai proyek mencapai Rp. 1.379.486.923,902.

“Proyek penambahan GI ini selain sebagai bentuk penambah daya yang sudah ada, namun juga untuk antisipasi kebutuhan pengguna listrik bagi masyarakat untuk menghindari putus listrik,” ujarnya dalam acara Doa Syukur dan Peresmian Pengoperasia  Gardu Induk dan Jaringan Transmisi 150 KV dan 500 KV di TJBB Gandul, Kota Depok, Rabu (16/5) siang.

Terkait pasokan listrik buat perhelatan negara dalam Asian Games 2018, Ramadhan dan Idul Fitri, menurut Hariyanto bahwa PLN siap menjaga kebutuhan melonjaknya kebutuhan aliran listrik.

“Biasa di hari besar misal seperti Ramadhan maupun Idul Fitri kebutuhan aliran listrik bisa naik mencapai satu setengah kali lipat dari kebutuhan normal. Hal ini juga kita antisipasi pada saat pesta olahraga negara seperti Asian Games nanti juga,” tambahnya.

Untuk acara Asian Games nanti, lanjut Hariyanto, sudah mempersiapkan peralatan pendukung antisipasi terjadi penambahan daya sebelum maupun selama acara berlangsung.

“Untuk sementara ini semua venue Sea Games sudah kita penuhi semua kebutuhan pasokan listriknya. Pada intinya PLN telah siap menghadapi beberapa acara besar dalam kebutuhan listrik,” tutupnya.

Sementara itu Hariyanto juga menyebutkan menjelang Ramadhan bersama para staf juga membuat bhakti sosial melakukan santunan ke  29 anak yatim yang ada di sekitar lingkungan TJBB Gandul.

“Kita berharap dengan ada penambahan gardu induk dapat mengatasi masalah kekurangan listrik bagi masyarakat,” tutupnya. (Angga/win)