Thursday, 19 July 2018

Rumput di SUGBK Dipindahkan

Rabu, 16 Mei 2018 — 6:36 WIB
persija v tampines di sugbk - cw1

JAKARTA – Sebagai persiapan digelarnya seremoni upacara pembukaan Asian Games 2018, rumput di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) bakal dipindahkan. Proses pemindahan rumput itu sendiri akan mulai dilakukan oleh Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc)
bersama Pusat Pengelola Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK) dan ahli rumput dari Institut Pertanian Bogor (IPB) mulai Selasa (15/5) malam WIB.
Mengingat beratnya peralatan serta perlengkapan yang akan digunakan pada seremoni pembukaan, sehingga dikhawatirkan akan merusak rumput yang ada di stadion. Hal itu diungkapkan Sekretaris Jenderal Inasgoc, Eris Herryanto.

“Makanya rumput yang ada di SUGBK akan dipindahkan supaya tak rusak dan dipelihara di tempat lain, rencannya akan ditempatkan di venue panahan. Selanjutnya, nanti kami akan pasang peralatan-peralatan untuk pembukaan di SUGBK,” kata Eris kepada para awak media di kantor Inasgoc, Selasa (15/5/2018) kemarin.

USAI PERTANDINGAN

Sementara itu, Winarto selaku Direktur Utama PPK GBK menambahkan bahwa proses pemindahan rumput akan dilakukan pada Selasa (15/5) malam usai laga antara Persija Jakarta pada leg kedua babak semifinal Piala Champions Asia (AFC). “Sementara waktu yang dibutuhkan sekitar enam jam. Setelah rumput dipindahkan, lapangan akan dipasang semacam pelindung merk Armor Deck yang jumlahnya mencapai 18.000 buah. Tujuannya, tentu menghindari amblesnya tanah akibat beratnya peralatan,” jelas Winarto.

Dalam merealisasikan hal itu, Inasgoc dan PPK GBK melibatkan berbagai pihak, salah satunya seorang ahli rumput dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Qamal Mutaqin. Nantinya, Qamal akan ditugaskan untuk proses pemeliharaan rumput pasca pemindahan. “Rumputnya nantinya digulung dan langsung dipindahkan serta dipelihara di area panahan selama lebih
dari 3 bulan. Memang butuh banyak strategi untuk memindahkan dan merawat rumput ini. Kami yakin rumput ini akan terjaga dengan baik,” tuturnya.

Sesuai jadwal, seremoni upacara pembukaan Asian Games 2018 akan digelar di SUGBK pada 18 Agustus mendatang. Sejumlah tokoh-tokoh penting kemungkinan bakal datang ke SUGBK untuk menjadi saksi digelarnya kembali Asian Games di Indonesia untuk pertama kalinya
sejak 1962 silam. Selain itu, sekitar 5-7 ribu orang akan berpartisipasi dalam seremoni pembukaan Asian Games 2018. (junius/bu)