Tuesday, 14 August 2018

Satgas Pangan Diperintahkan Buru Pengusaha yang Mainkan Harga

Rabu, 16 Mei 2018 — 19:50 WIB
Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Setyo Wasisto.(dok)

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Setyo Wasisto.(dok)

JAKARTA РSatuan Tugas (satgas) Pangan Polri mengingatkan pengusaha  tidak memainkan harga pangan selama bulan Ramadhan. Polri akan menindak tegas pengusaha jika permainkan harga seting-tingginya.

“Kami memberikan warning (peringatan) ke pengusaha di manapun berada jangan bermain, permainkan harga, mark up harga setinggi-tingginya,” kata Ketua satgas pangan, Irjen Setyo Wasisto usai bertemu Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perhubungan, Bulog, dan BPOM, Rabu (16/5).

Dalam pertemuan itu, Satgas Polri membahas pengamanan harga dan distribusi bahan pangan selama Ramadan. Setyo mengatakan pemerintah bersama satgas pangan memastikan pasokan bahan pangan selama bulan puasa lancar, sehingga tak ada lonjakan harga.

Selain itu satgas pangan mengimbau jangan ada yang menimbun maupun memainkan harga. “Kita peringatkan pengusaha satgas pangan daerah sudah lebih aktif mengecek harga maupun pasokan pangan di pasar. Pengecekan juga berlaku di tempat-tempat yang dipakai pedagang menyimpan stok bahan pangan,” ujarnya.

Dikatakan, langkah tersebut diambil untuk mencegah penimbunan, namun dengan cara lebih persuasif agar tak menimbulkan kegaduhan.

“Saya sudah minta satgas daerah lebih aktif turun ke pasar dan yang diduga gudang-gudang pangan dengan cara yang elegan, soft approach, tidak menakuti. Kalau ada pelanggaran, kami lihat pelanggarannya sejauh apa karena kami tidak mau penindakan menimbulkan kegaduhan,” tukasnya.

Satgas Pangan tersebut sudah dibentuk di tingkat Polda. Masing-masing Polda akan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan, dan pasar di wilayahnya dalam pengawasan harga dan stok pangan.

Satgas tersebut akan melakukan pengawasan harga pangan di pasar-pasar yang akan dievaluasi hasilnya pada tiap dua pekan. Selain melakukan pengawasan harga dan ketersediaan sembako, satgas ini juga bertugas melakukan penegakan hukum terhadap kartel dan mafia pangan. (ilham/b)