Thursday, 20 September 2018

Agar Tahan Lama Saluran Air Gunakan U-ditch

Kamis, 17 Mei 2018 — 7:16 WIB
PHL Sudis SDA Jakbar mengerjakan u-ditch saluran di Pasar Glodok Selatan, Taman Sari. (Rachmi)

PHL Sudis SDA Jakbar mengerjakan u-ditch saluran di Pasar Glodok Selatan, Taman Sari. (Rachmi)

JAKARTA– Mengoptimalkan penanganan genangan, Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Barat tahun ini memasang saluran air beton bertulang (U-ditch) di 31 titik lokasi di 8 kecamatan.

“Kami merespon aspirasi masyarakat, salah satunya memasang saluran air dengan u-ditch,” kata Kepala Sudis SDA Jakbar, Imron, Rabu (16/5/2018).

U-ditch merupakan saluran air dari beton yang diberi tulangan, berbentuk penampang seperti huruf U dan diberi penutup.

Imron menekankan pemasangan u-ditch diprioritaskan ke titik saluran air yang mengalami kerusakan berat atau direvitalisasi.

Sedangkan saluran air yang kondisinya masih baik, hanya akan dilakukan pengurasan endapan lumpur untuk memperbesar daya tampung air sehingga genangan dapat berkurang.

Hingga awal Mei 2018, Sudin SDA Jakbar telah memasang saluran beton bertulang itu di tujuh dari 31 titik lokasi saluran air. Meliputi saluran air di Jalan Kamal Raya, Duri Kosambi, Pasar Glodok, Mangga Besar V, Tomang Raya, serta Kembangan Raya RW 07 dan 08.

“Sisanya masih dalam proses pengerjaan di lapangan,” ujar Imron.

Untuk pengerjaan saluran air tersebut, Sudin SDA Jakbar menggelontorkan anggaran sekitar Rp30 miliar. Proyek ini ditargetkan rampung hingga akhir tahun 2018. (Rachmi)