Saturday, 26 May 2018

Disiapkan 68 Kapal Layani Pemudik Merak-Bakauheni

Kamis, 17 Mei 2018 — 23:52 WIB
Pelabuhan Merak.

Pelabuhan Merak.

LAMPUNG – PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (PT. ASDP) Indonesia Ferry menyiapkan 68 kapal motor penumpang untuk melayani pemudik Hari Raya Idul Fitri 1439 H Tahun 2018 ini lintas pelabuhan penyeberangan Merak-Bakauheni.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Banten, Abdul Azis mengatakan, dari 68 kapal penumpang yang akan dioperasikan tersebut, ada sekitar 48 kapal yang saat ini sudah dinyatakan memenuhi persyaratan keselamatan kapal dan laik laut. Sedangkan untuk 17 kapal lainnya, masih dilakukan docking (pengedokan kapal) dan 4 kapal lainnya masih dalam perbaikan.

Secara umum, kata Abdul Azis, semua kapal motor penumpang yang beroperasi di Pelabuhan Merak, Banten dan Bakauheni, Lampung Selatan, kondisinya cukup baik dan siap melayani angkutan laut pemudik pada Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

“Jadi untuk memastikan sarana dan prasarana transportasi laut termasuk ABK dalam kondisi baik, maka Uji Petik kapal ini perlu dilakukan. Selain itu juga, mendukung keselamatan dan keamanan pelayaran khususnya pada masa angkutan lebaran nanti,”terangnya.

Hal senada juga dikatakan oleh General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Anton Murdianto, bahwa sebanyak 68 kapal motor penumpang telah siap melayani pemudik yang akan melakukan pelayaran menuju ke Pulau Sumatera maupun Jawa pada Lebaran tahun 2018.

“Selain armada kapal Ferry, berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan, kelancaran dan keamanan pemudik telah kita siapkan,”ungkap Anton (Koesma)