Thursday, 16 August 2018

Jemput Bola, Petugas Kir Akan Uji Angkutan Lebaran

Kamis, 17 Mei 2018 — 15:48 WIB
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah. (Ifand)

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah. (Ifand)

JAKARTA –  Menjelang pelaksanaan mudik Lebaran, petugas pengujian KIR di Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Pulogadung, Jakarta Timur, diminta bersiap. Soalnya, peran petugas ini yang menentukan layak tidaknya kendaraan untuk angkutan mudik.

Kesiapan itu diminta Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Andri Yansyah, kepada 100 petugas uji KIR Pulogadung. Menurutnya, tugas panjang akan dijalankan sejak awal puasa ini. “Yang utama, di bulan puasa ini para petugas harus tetap semangat dalam memberikan pelayanan,” katanya, Kamis (17/5/2018).

Andri menyebut  para penguji akan menjalankan tugas seperti biasanya di awal puasa ini. Terlebih, jam operasional pelayanan pun selama bulan puasa ini di majukan. “Jika hari biasa jam kerja mulai pukul 07.30 hingga 16.00 atau 16.30 maka selama puasa dipercepat menjadi mulai pukul 07.00 hingga 14.00,” ujarnya.

Begitu mendekati arus mudik, sambung Andri,  petugas disebar ke terminal-terminal. Pengecekan kendaraan angkutan mudik harus dilakukan rutin oleh para petugas untuk keselamatan para penumpang. “Layak tidaknya kendaraan menjadi tanggung jawab para penguji dalam angkutan lebaran tahun ini,” ujar mantan Camat Jatinegara ini.

Andri meminta seluruh petugas uji KIR mempersiapkan diri untuk lakukan layanan jemput bola. Yakni melakukan uji kendaraan atau ramcek armada angkutan lebaran di terminal-terminal maupun pool bus. “Ramcek ini berlaku bagi kendaraan asal Jakarta maupun luar daerah yang mengangkut pemudik dan diberangkatkan dari terminal di ibukota,” tambahnya.

Sementara, Kasubag TU UP PKB Pulogadung, Fatchuri menambahkan akan menurunkan 30 personil untuk cek kendaraan di tiga terminal. yakni Terminal Terpadu Pulogebang, Kampung Rambutan dan Terminal Rawamangun. “Idealnya, dalam setiap terminal kami tempatkan 10 petugas pengujian,” ujarnya.

Ia juga mengatakan petugas cek  akan melakukan jemput bola dengan mendatangi pool bus dan tempat-tempat pemberangkatan mudik bersama. Bahkan, di masing-masing terminal akan siapkan satu unit mobil uji emisi kendaraan. “Kemudian pada H-10 lebaran kita dirikan posko uji kendaraan,” pungkas Fatchuri. (ifand/m9/m7/yp)