Thursday, 16 August 2018

Pasca Teror Bom di Indonesia, 14 Negara Keluarkan Travel Advice

Kamis, 17 Mei 2018 — 9:57 WIB
(Ilustrasi)

(Ilustrasi)

JAKARTA – Serangkaian aksi terorisme di beberapa daerah di Indonesia yang terjadi sejak Minggu (13/5/2018), membuat 14 negara mengeluarkan ‘Travel Advice’ ke Indonesia.

Ke-1 negara tersebut adalah Amerika Serikat, Australia, Kanada, Prancis, Brasil, Swiss, Irlandia, Selandia Baru, Hongkong, Filipina, Singapura dan Malaysia.

“Telah muncul laporan-laporan media mengenai tiga ledakan bom di Surabaya pada 13 mei 2018. Serangan itu dilaporkan telah memakan korban jiwa dan luka-luka. Masyarakat Singapura di Surabaya dihimbau agar menghindari area-area yang terkena dampak, memantau pemberitaan dan perkembangan,” demikian bunyi travel advice Kedutaan Besar Singapura di Jakarta yang dipublikasi dalam situs resminya pada Rabu (16/5/2018).

Sementara itu, Pemerintah Swiss meminta warganya untuk sementara waktu menghindari tempat yang sering dikunjungi orang asing seperti tempat hiburan, pusat perbelanjaan, hotel, dan restoran. Dalam pernyataannya, mereka meyakinkan warganya jika organisasi muslim Indonesia juga memerangi terorisme.

“Organisasi-organisasi massa Muslim di Indonesia mendukung pemerintah dalam perjuangannya melawan terorisme,” kata pernyataan di website resmi pemerintah Swiss.

Sedangkan Selandia Baru dalam situs resminya mengatakan telah muncul sejumlah risiko keamanan di Indonesia, diantaranya di Jakarta, Surabaya dan Bali karena ancaman terorisme. Pemerintah Selandia Baru berharap warganya berhati-hati selama berada di Indonesia. (embun)