Thursday, 18 October 2018

Piala Dunia 2018 Swedia Tanpa Ibrahimovich

Kamis, 17 Mei 2018 — 6:52 WIB
Zlatan Ibrahimovic. (ist)

Zlatan Ibrahimovic. (ist)

SWEDIA – Timnas Swedia dipastikan tampil tanpa bomber andalan mereka, Zlatan Ibrahimovic pada Piala Dunia 2018 di Rusia. Hal itu dipastikan setelah nama Ibra, sapaan Ibrahimovich tidak masuk dalam daftar 23 pemain yang diumunkan Federasi Sepakbola Swedia (SvFF) seperti dikutip Reuters, Rabu (16/5).

Pelatih Swedia, Janne Andersson sejak awal memang sudah menegaskan tidak akan menyertakan mantan penyerang Manchester United tersebut. Ibra juga sudah tidak dilibatkan lagi di skuat sejak fase kualifikasi Piala Dunia Swedia lebih memilih nama-nama tukang gedor yang
sebelumnya menjadi bagian dari kesuksesan tim itu menuju Rusia.

Mereka adalah Alaves John Guidetti, Marcus Berg (Al Ain), Ola Toivonen (Toulouse), dan Isaac Kiese Thelin (Waasland-Beveren).

Keputusan Andersson itu pun memupus ambisi Ibra yang ingin kembali tampil di Piala Dunia membela Swedia. Pemain 36 tahun itu sebelumnya memilih hengkang ke LA Galaxy agar mendapatkan menit bermain sebanyak-banyaknya demi bisa masuk kembali ke timnas Swedia.

Ibra lebih sering menghangatkan bangku cadangan skuat Setan Merah musim ini sejak mengalami cedera musim lalu. Bukan hanya pelatih yang enggan menerima Ibra kembali, sejumlah pemain juga tampaknya tidak ingin penyerang eksentrik itu membela Swedia.
BISA MENGGANGGU

Salah satunya adalah kiper Blaugult, Karl-Johan Johnsson, yang menilai keberadaan Ibrahimovic bisa mengganggu kekompakan tim. “Terserah pelatih apakah akan membawa Ibra atau tidak ke Piala Dunia 2018. Kami bermain di babak kualifikasi dan berhasil lolos ke Piala Dunia 2018 tanpa dia dan saya pikir kami bisa bermain baik di Piala Dunia 2018
tanpa Ibra. Tapi jika pelatih mengatakan ia begitu penting untuk tim ini, saya pikir itu adalah oernyataan yang keliru,” kata Johnsson seperti dikutip ESPN Sports.
Sebelumnya, Ibra sempat optimis dirinya akan bergabung dengan Timnas Selwedia. Ia bahkan sempat optimistis bisa kembali bergabung bersama tim Biru-Kuning. “Ya, saya akan menuju Piala Dunia 2018. Piala Dunia tanpa saya bukanlah Piala Dunia,” sesumbar Ibra yang justru harus menerima kenyataan namanya tidak masuk dalam daftar Timnas Swedia untuk Piala Dunia mendatang.

Sementara itu, bek Man United Victor Lindelof dan bek tengah Leeds United Pontus Jansson masuk dalam skuat Swedia. Timnas Swedia berada di Grup B Piala Dunia 2018 dan bakal bersaing dengan timnas Jerman, Meksiko, serta Korea Selatan. Swedia akan menghadapi Korea Selatan pada laga pembuka 18 Juni mendatang, sebelum bentrok dengan Jerman, tiga hari berselang dan Meksiko di laga pamungkas. (junius/bu)