Friday, 21 September 2018

Polres Depok Gelar Simulasi Anti-Teror Berharap Tidak Kecolongan

Kamis, 17 Mei 2018 — 5:34 WIB
Simulasi menanggulangi aksi teror di Mapolres Depok

Simulasi menanggulangi aksi teror di Mapolres Depok

DEPOK – Menangkal aksi teroris ke markas komando Polres Depok, Kapolresta Kombes Didik Sugiarto menggelar simulasi anti-teror. “Kegiatan simulasi ini merupakan salah satu bentuk pertahanan anggota terhadap dari serangan teroris ke mako,”ujar Kombes Didik kepada Pos Kota didampingi Paur Humas Polresta Depok Ipda Made .

Mantan Wadirkrimum Polda Metro Jaya ini mengaku simulasi anti-teror ini dilakukan sebagai upaya melindungi anggota dan mako dari serangan mendadak teroris yang marak belakangan ini.

“Simulasi ini sebagai bentuk penyegaran kepada anggota dan sasaran adalah terhadap senjata api serta sajam oleh kemungkinan akan terjadi penyerangan teroris,”tutupnya.

Simulasi tersebut, diskenariokan kalau markas Polresta Depok kedatangan dua orang pengunjung terduga teroris. Pelaku ini berjalan kaki ke arah pos penjagaan sambil membawa tas ransel.

Setelah itu depan gerbang, tiba-tiba kedua orang pria tersebut mau menerobos barisan petugas yang sudah ditutup portal. Melihat gelagat mencurigakan pelaku, polisi memerintahkan keduanya berhenti di tempat dan mengangkat tangan. Sewaktu dilakukan penggeledahan tas yang sudah digeletakkan di tanah berisi benda diduga bom dan sepucuk senjata api

Namun aksi simulasi berjalan sekitar 30 menit dalam penanganan teroris bisa ditanggulangi tanpa ekses membuat anggota terluka sedikit pun.

Dalam simulasi yang dilakukan, sempat menyedot perhatian masyarakat sehingga menjadi tontonan. “Kita berharap anggota tingkatkan kewaspadaan setiap melakukan tugas di lapangan. Paling tidak ada yang mendampingi minimal tiga orang jika ada tugas di lapangan,”ungkapnya. (Angga)