Saturday, 26 May 2018

Warga Mulai Cicil Beli Baju Lebaran

Kamis, 17 Mei 2018 — 7:12 WIB
Pasar Jatinegara yang mulai dipenuhi pembeli. (Ifand)

Pasar Jatinegara yang mulai dipenuhi pembeli. (Ifand)

JAKARTA – Warga dari beberapa wilayah di DKI Jakarta, mulai menyerbu Pasar Jatinegara Jakarta Timur, untuk membeli baju dan kebutuhan lainnya. Mereka beralasan mencicil beli baju Lebaran, meski puasa baru mulai dilaksanakan Kamis (17/5) ini.

Seperti Dinna, 38, yang sengaja datang ke pasar sebelum puasa ini. Ia beralasan ingin nyicil terlebih dahulu karena bila sudah mendekati Lebaran, kondisi pasar sudah penuh sesak. “Beli satu-satu dulu, nanti kalau masih kurang kan bisa ditambahin. Dari pada nanti pas sudah di ujung baru nyari, males,” katanya, Rabu (16/5).

Menurut warga Cakung ini, ia sengaja datang ke Pasar Jatinegara yang lebih dekat ketimbang ke Pasar Tanah Abang. Harganya yang hanya selisih sedikit, dinilai tak terlalu berat dari pada harus pergi jauh-jauh dan berjubal. “Tadi sih harganya cuma selisih Rp10 ribu sampai Rp20 ribu, lumayan lah nggak beda jauh,” ujar Dinna.

Djunaedi, pedagang baju mengaku, menjelang puasa ini, pembeli mulai mencari baju muslim dan perlengkapan solat. Sejak pagi, toko yang dijaganya tak henti-hentinya didatangi pelanggan. “Ya Alhamdulillah, sudah mulai ramai yang beli, mudah-mudahan sampai lebaran besok,” katanya.

Dikatakan Djunaedi, pemandangan ini kerap terjadi setiap tahunnya. Dimana menjelang bulan puasa, warga langsung berbondong-bondong datang. Dan ketika hari pertama puasa hingga lima hari kedepan, kondisi kembali normal dengan hanya ada satu dua pembeli. “Nanti dua Minggu menjelang lebaran baru pasar penuh lagi, jalan saja biasanya susah,” ungkapnya.

Untuk harga baju gamis wanita yang dijualnya, kata Djunaedi, ia memasang harga paling murah Rp250 ribu dan paling malah sampai Rp1juta. Dan menjelang puasa ini, sudah hampir dua lusin baju gamis sudah berhasil ia jual. “Seperti tahun lalu, baju gamis wanita masih terus diburu, apalagi setiap bulan banyak model baru yang keluar,” pungkasnya. (Ifand/b)