Thursday, 24 May 2018

Banyak Ikan Mabuk di Kali Bekasi

Jumat, 18 Mei 2018 — 0:59 WIB
Kondisi busa air di Kali Bekasi di Bendung Bekasi. (chotim)

Kondisi busa air di Kali Bekasi di Bendung Bekasi. (chotim)

BEKASI – Kali Bekasi kembali dipenuhi busa, Kamis (17/5/2018). Kondisi ini diduga karena pencemaran dari hulu sungai yang menyebabkan bau.

Permukaan air Kali Bekasi tampak berbusa dan menimbulkan aroma tak sedap. Kondisi busa dipermukaan kali tampak sekitar Bendung Bekasi, di Jalan Hasibuan. Di lokasi lain, seperti di Jl. Ir. H Juanda juga tampak banyaknya busa.

Di lokasi lain bahkan disebut banyak ikan yang mabuk, seperti di saluran Rawatembaga. “Bau menyengat sejak subuh tadi,” kata Surya, warga di sekitar Bendung Bekasi.

Menurutnya, Kali Bekasi ada perubahan warna air, serta muncul busa tebal. Kabid Penantaan dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup, Kota Bekasi, Sugiono menduga sumber busa berasal dari sedimentasi atau endapan lumpur di dasar kali yang naik. Debit sungai meningkat karena di Bogor diguyur hujan deras.

“Debit sungai awalnya rendah, kemudian digelontor kiriman sehingga sedimentasi terangkat,” katanya.

Meski demikian, pihaknya telah mengambil contoh air untuk dilakukan penelitian. Hal ini untuk mengecek kandungan berbahaya di dalam air, karena berdampak pada ikan mabuk, serta muncul busa.

“Contoh air sudah diambil untuk diteliti di laboratorium,” ungkapnya.

Informasi yang diterima disebutkan busa hanya muncul selepas pintu air karena terjadi turbulensi. Yaitu air turun sangat deras dari pintu air menuju ke dasar sungai selepas bendungan. Diduga karena ada kandungan zat, sehingga timbul busa tebal. (chotim/fs)