Friday, 23 August 2019

Polres Purwakarta Petakan Jalur Mudik Lebaran

Jumat, 18 Mei 2018 — 7:14 WIB
Kemacetan di Tol Cipali. (dok darman)

Kemacetan di Tol Cipali. (dok darman)

PURWAKARTA– Satlantas Polres Purwakarta, Jawa Barat mulai memetakan jalur mudik di wilayahnya. Dua ruas tol, Cipularang dan Cipali sudah siap menyambut pemudik Lebaran tahun ini.

“Perlakuan lalu lintas di dua tol ini menggunakan pola lama dengan mengevaluasi Pam Lebaran tahun lalu. Di dua tol ini, pada musim mudik kerap padat, tentunya kita akan siapkan pola pola pengaturan untuk mengurai arus,” jelas Kasatlantas Polres Purwakarta AKP Rizky Adi Saputro, kemarin.

Selain itu, Rizky mengingatkan Cipularang dan Cipali rawan kecelakaan. Pengendara mudik Lebaran diimbau berhati hati memerhatikan laju kendaraan dengan kendaraan lainnya. “Jaga jarak, saat berkendara di Cipali dan Cipularang,”jelas dia.

Rizky menyebutkan, titik-titik kemacetan di jalur mudik, khususnya tol berada di sekitaran rest area. Yakni, KM 72, KM 88 serta KM 97 Tol Cipularang.

Sedangkan di ruas Tol Cipali, tidak ada rest area yang masuk ke wilayah Purwakarta. Meski demikian, pemudik dihimbau untuk mewaspadai rest area. Sebab, rest area ini menjadi salah satu penyumbang kemacetan di dalam tol.

Adapun titik rawan kecelakaan di ruas tol, kata Rizky, pemudik harus mewaspadai KM 88 sampai KM 98 jalur A maupun jalur B Tol Cipularang. Sepanjang 10 kilometer di jalan bebas hambatan penghubung Jakarta-Bandung ini, merupakan titik yang rawan kecelakaan.

“Sebab, di sepanjang 10 kilometer Tol Purbaleunyi yang jadi wilayah rawan laka itu, kontur jalannya, lurus menurun serta menanjak. Jadi perlu diwaspadai,” ujarnya.

Untuk ruas Tol Cipali, yang rawan laka sepanjang 10 kilometer. Mulai dari KM 73 sampai KM 83. Karenanya, perlu kehati-hatian. Apalagi, karakter Cipali ini jalannya lurus dan sangat panjang.(dadan/ b)