Monday, 24 September 2018

Berapa Ongkos Pernikahan Pangeran Harry-Meghan dan Siapa yang Membayar?

Sabtu, 19 Mei 2018 — 18:53 WIB
royalweding

INGGRIS- Ongkos menggelar pernikahan bisa sangat mahal, mulai dari konsumsi para tamu, kue pengantin, hingga gaun mempelai perempuan.

Namun, ketika menyangkut pernikahan keluarga kerajaan Inggris, dengan semua tamu kenegaraan, pengamanan, dan pernak-perniknya, ongkosnya bisa mencapai ratusan miliar rupiah.

Lantas, seberapa besar estimasi biaya pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle dan siapa yang menanggung semua itu?

Biaya keamanan

Pernikahan kedua mempelai akan diadakan di Windsor, kota di sebelah barat London. Penduduk kota itu sedikitnya mencapai 32.000 orang, namun pada Sabtu (19/05), jumlah manusia di sana bisa berlipat hingga 100.000 orang.

pengamananrolyalweding

Undangan telah disebar ke 600 tamu, dengan tambahan 200 orang saat resepsi malam hari.

Di samping itu, masih ada 1.200 anggota masyarakat yang diperbolehkan memasuki pekarangan Kastil Windsor.

Mengelola manusia sebanyak ini memerlukan perencanaan matang. Dan, tentu, keamanan bakal menjadi biaya terbesar.
Departemen Dalam Negeri Inggris tidak mau berkomentar ketika BBC menanyakan biaya keamanan dengan alasan mengungkap informasi itu bisa mengancam “keamanan nasional”.

Pernyataan senada diutarakan Kepolisian Thames Valley. “Kami tidak akan memberikan data apapun, meskipun kami tahu Anda menyukai angka-angka.”

Sebagai perbandingan, saat Pangeran William dan Kate Middleton menikah pada 2011, uang sebesar 6,35 juta pound (Rp121 miliar) dialokasikan Kepolisian Metropolitan untuk keamanan acara pernikahan kakak dan ipar Pangeran Harry tersebut.

Angka itu didapat Press Association dari pemerintah Inggris setelah mengajukan permohonan data yang dijamin aturan Kebebasan Informasi.

Namun, sulit menentukan apakah biaya yang sama bakal digelontorkan untuk pernikahan Pangeran Harry-Meghan markle mengingat lokasi, jumlah tamu, dan tahunnya berbeda.

Biaya-biaya lain

Istana Kensington belum melansir rincian apapun mengenai rencana anggaran pengeluaran untuk acara pernikahan.

Ini bukan hal aneh mengingat angka resmi biaya pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton hingga kini belum diungkap.

Karena itu, kami hanya bisa membuat estimasi tidak resmi sehingga angka yang dikeluarkan pun harus diperlakukan secara hati-hati.

Bridebook.co.uk, perusahaan layanan perencanaan pernikahan, memperkirakan biaya pernikahan Pangeran Harry-Meghan Markle bisa mencapai 32 juta poundsterling (Rp609,5 miliar), termasuk biaya keamanan.

Angka itu sudah mencakup biaya kue sebesar 50.000 pound (Rp952,4 juta), bunga dekorasi 110.000 pound (Rp2,01 miliar), katering 286.000 pound (Rp5,45 miliar), dan seterusnya.

BBC menghubungi pemilik perusahaan itu, Hamish Shephard, untuk mengetahui metodologi perhitungan untuk mencapai estimasi tersebut.

Menurutnya, 32 juta pound didasari asumsi bahwa keluarga kerajaan telah melunasi semua pada harga pasar.

Namun, karena tiada data resmi, itu semua masih perkiraan—betapapun kuat dasarnya.

Sebab, misalnya, kami tidak tahu apakah penyedia jasa dan produk pada acara pernikahan tersebut memberi diskon khusus karena mereka sudah ditunjuk untuk menjadi bagian dari prosesi pernikahan Pangeran Harry-Meghan Markle.

Siapa yang membayar?

Ongkos keamanan pada acara pernikahan itu akan ditanggung oleh pembayar pajak Inggris.

Awalnya, Kepolisian Thames Valley harus menalangi dana tersebut. Setelah acara selesai, kepolisian bisa mengajukan klaim pendanaan khusus kepada Departemen Dalam Negeri.

Pendanaan khusus tersebut adalah dana di luar pos pengeluaran rutin yang bisa diklaim jika kepolisian harus memberi pengamanan pada acara spesial.

Lepas dari biaya keamanan, keluarga kerajaan mengatakan bakal membayar sejumlah elemen pada acara pernikahan.

Setiap tahun keluarga kerajaan mendapat porsi dana tahunan yang dibayar secara langsung oleh Departemen Keuangan. Dana tahunan itu dihitung dari persentase profit properti milik kerajaan, yang mencakup sebagian besar bangunan di kawasan West End Kota London.

Tahun ini saja, jumlahnya mencapai 82 juta pound atau Rp1,5 triliun.

Beberapa anggota keluarga kerajaan juga mendapat porsi keuntungan.

Misalnya, Pangeran Charles memperoleh uang dari properti Duchy of Cornwall, tanah, dan investasi keuangan.

Akan tetapi, belum jelas dari “kantong” yang mana uang untuk membiayai acara pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle.

Kubu Republik, yang menginginkan kepala negara dipilih secara demokratis, mengklaim bahwa biaya untuk menopang keluarga kerajaan Inggris melampaui 82 juta pound.

Karena itu, mereka mengajukan petisi yang menentang uang pembayar pajak Inggris dihamburkan untuk pernikahan.(BBC)