Wednesday, 19 September 2018

Di Kedoya ‘Emak-emak’ Dilatih Kerajinan dari Koran Bekas

Rabu, 23 Mei 2018 — 15:06 WIB
Ibu-ibu rumah tangga di Kelurahan Kedoya Utara, Jakbar dilatih membuat kerajinan tangan dari daur ulang kertas. (Rachmi)

Ibu-ibu rumah tangga di Kelurahan Kedoya Utara, Jakbar dilatih membuat kerajinan tangan dari daur ulang kertas. (Rachmi)

JAKARTA  Puluhan kader ’emak-emak’  PKK di Kelurahan Kedoya Utara, Jakarta Barat dilatih kerajinan tangan menggunakan sampah kertas.

“Surprise nih dari bekas kertas koran bisa dibuat dalam berbagai wadah untuk pajangan maupun keseharian di rumah,” kata Nuning, warga RW 02 Kedoya Utara saat pelatihan kerajinan tangan yang berlangsung di pendopo RPTRA Kedoya Utara, Rabu (23/5/2018).

Pembekalan ini menghadirkan narasumber Tri Sugiarti selaku Direktur Bank Sampah Tri Alam Lestari.

“Kegiatan ini bertujuan menggembleng ibu-ibu rumah tangga untuk produktif dengan memanfaatkan barang-barang yang bisa didaur ulang menjadi bernilai ekonomis,” ujar Tri.

Dari sampah kertas dapat diolah menjadi aneka wadah mulai tempat tisu, piring buah, tempat air mineral dan tempat koran. Selain itu botol dan sampah plastik juga bisa didaur ulang.

Tak hanya memberikan ilmu gratis kepada peserta, Tri juga bersedia membantu pemasaran produk karya kader PKK tersebut.

Pelatihan ini difasilitasi Alfamart. Branch Manager Alfamart, Yudi Sobari mengatakan pihaknya membangun jiwa kemandirian dan kewirausahaan melalui pengembangan kemampuan keterampilan bagi masyarakat.

“Semoga pelatihan ini menjadikan ibu-ibu rumah tangga bisa mengurangi sampah rumah tangga. Selain dapat menambah uang dapur,” kata Yudi. (Rachmi/tri)